STUDI PENGGUNAAN LPA SEBAGAI LAPIS PONDASI ATAS DALAM PEKERJAAN HOTMIX (HRS-BASE) DI HIRI KOTA TERNATE
FAKUTASL TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA
Keywords:
Lapisan pondasi Agregat, Hotmix (HRS-BASE), Binamarga 2018Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang pesat menyebabkan meningkatnya pula aneka ragam aktivitas dan kegiatan kebutuhan masyarakat. Momen ini mengakibatkan pergerakan manusia dan barang semakin sulit dari suatu tempat ke tempat tujuan lainnya. Sehingga bertetapan dengan perjalanan waktu, prasarana yang telah ada semakin tidak mencakupi segala kebutuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil komponen yang digunakan dalam mendesain pekerjaan yang ditinjau dengan mempelajari penggunaan LPA sebagai Lapisan Pondasi Atas pada pekerjaan hotmix (HRS-BASE) menggunakan Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 pada umur rencana pelayanan jalan 5 tahun mendatang. Penelitian dilaksanakan di Jalan Lingkungan Faudu Kecamatan Pulau Hiri dengan Panjang ruas jalan yang di tinjau sebagai objek penelitian adalah sepanjang 900 m dan lebar 4,00 dengan data hasil volume pekerjaan keseluruhan di dapat dari segmen I STA 0+0.00 – 0+900 adalah 455 m³. Data diperoleh dari hasil observasi langsung terhadap objek penelitian melalui pengambilan data sekunder, yaitu volume pekerjaan yang ditinjau, CBR lapangan dan struktur perkerasan jalan hasil desain eksisting.
Downloads
References
Annisa Pradnya Widiastuti .2018. Analisa perbandingan desain struktur perkerasan lentur menggunakan metode Empiris dan metode mekanistik Empiris pada ruas jalan Legundi Kanigoro – Planjan
Ahmad Norhadi, Surat, Ilham. 2015. Penentuan nilai CBR dengan variasi gradasi batas bawah terhadap batas tengah pada lapis pondasi agregat.
Direktorat Jenderal Bina Marga, 2018. Spesifikasi Umum Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 2) 02/SE/Db/2018. Jakarta.
Darsun Kamaruddin. 2022. Studi Peningkatan Jalan Lapen Ke Laston (Hotmix) Segmen II Sumae Ruas Jalan Belang-Belang – Yaba, Kabupaten Halmahera Selatan Menggunakan Metode Bina Marga 2013. Tugas Akhir. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Ternate.
Joko Wibowo. Analisis desain perkerasan jalan metode Bina Marga 1987, Bina Marga 2002 dan evaluasi struktur perkerasan jalan.
Kevin Alexander, Timotius Prasetyo, Paravita Sri Wulandari, Harry Patmadjaja. 2010. Analisa Karakteristik Dan Aplikasi Campuran Aspal Emulsi Dingin Dengan Spesifikasi Campuran Aspal Panas. Jurnal.
Ricky. 2013. Analisis tebal perkerasan lentur jalan baru menggunakan manual desain perkerasan jalan.
Robi Susilo. 2018. Analisis perencanaan tebal lapis perkerasan jalan raya.
Wahyu Farido Hidayat . 2014. Analisis kelayakan peningkatan perkerasan jalan dari Lapen menjadi Hotmix (studi kasus pada ruas jalan Rabatul – Karang Penang Kabupaten Sampang).