Pengaruh Antrian Kendaraan Di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (Spbu) Balandete Jalan Pemuda Kabupaten Kolaka Terhadap Arus Lalu Lintas

Universitas Sembilanbelas November Kolaka

  • Al Tafakur La Ode Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Isramyano Yatjong Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Rosminawati ... Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Hambatan samping, panjang antrian, tingat pelayanan

Abstract

Hambatan di tepi jalan seringkali terkait dengan adanya aktifitas sosial dan ekonomi, yaitu adanya parkir di badan jalan yang dikarenakan terdapat pertokoan, perkantoran, SPBU, dan lain-lain. Yang tidak menyediakan tempat parkir, sarana angkutan umum yang menurunkan penumpang di tempat melintasnya kendaraan serta adanya antrian yang menyebabkan penurunan kecepatan dan kapasitas jalan.

Keberadaan parkir sisi jalan menyita sebagian badan jalan (minimal satu lajur jalan) sehingga mengurangi kapasitas jalan tersebut. Pada saat jam puncak parkir yang bersamaan waktunya dengan jam puncak lalu-lintas terjadi antrian parkir, dimana kendaraan antrian yang berjalan perlahan menghambat arus pergerakan lalu-lintas dan menyita lebih banyak badan jalan selain parkir itu sendiri. Pengadaan lahan untuk pelataran parkir sedikit banyak menyita sebagian luas wilayah kota karena pelataran parkir membutuhkan ruang tersendiri yang cukup luas. Penggunaan fasilitas parkir sendiri belum tentu akan selalu penuh melainkan tergantung pada jam-jam padat.

 Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui panjang antrian yang terjadi akibat terlambatnya suplai bahan bakar dan mengetahui tingkat pelayanan jalan. Pada penelitian ini dilakukan survei langsung di lapangan dengan menghitung panjang kendaraan yang disebabkan oleh antrian pada SPBU Balandete dan menghitung volume arus lalu lintas. Dari hasil penelitian ini maka didapatkan panjang antrian sebesar 194 meter dan hambatan samping 82, dan tingkat pelayanan jalan pemuda dilihat pada nilai derajat kejenuhan mencapai 0,37, Berdasarkan hasil analisa derajat kejenuhan ini dapat dikatakan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik., 2017, Data Jumlah Penduduk Kabupaten Kolaka, Kolaka.
Chaerunisa, A.Y., 2014, Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas pada Jalan Nasional (Studi Kasus Jalan Proklamator Raya – Pasar Bandar Jaya Plaza), skripsi universitas lampung, bandar lampung.
Direktorat Jenderal Bina Marga., 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Dionisius Rajagukguk dan Yusandy Aswad (2014), Analisa Parkir Pada Badan Jalan dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Ruas Jalan.Tugas Akhir.Jurusan Teknik Sipil.Universitas Sumatera Utara, Medan.
Heizer, Jay dan Barry Render, 2006. Operation Management, Terjemahan oleh Dwianoegrawati Setyoningsih dan Indra Almahdy, Edisi 7, Buku I, Jakarta: Salemba Empat.
Ma’arif dan Tanjung, 2003, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Jakarta.
Tamin, O.Z., (2003), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Contoh Soal Dan Aplikasi, Penerbit ITB, Bandung
Published
2021-03-01
How to Cite
La Ode, A. T., Yatjong, I., & ., R. (2021). Pengaruh Antrian Kendaraan Di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (Spbu) Balandete Jalan Pemuda Kabupaten Kolaka Terhadap Arus Lalu Lintas. DINTEK, 14(1), 41 - 48. Retrieved from https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/699