PENURUNAN TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS MELALUI ANALISA BLACK SPOT DI RUAS JALAN KOLAKA-WATUBANGGA

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

  • Al Tafakur La Ode Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Arman Hidayat Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Gunawansyah . Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Haerul Purnama Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nirwan . Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Analisa black spot, Tingkat Kecelakaan, Volume lalu lintas

Abstract

Kecelakaan lau lintas di ruas jalan Kolaka-Wabungga adalah masalah yang sering disaksikan atau didengar oleh masyarakat baik secara langsung maupun melalui media masa. Kecelakaan lalu lintas mengakibatkan banyak kerugian yang dialami oleh pengguna kendaraan maupun pengguna jalan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan ulasan ilmiah kepeda pemerintah setempat terkait upaya penurunan tingkat kecelakaan lalu lintas di sepanjang ruang jalan Kolaka-Watubangga melalui analisis Black spot. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa jumlah kecelakaan lalu lintas di Ruas Jalan Kolaka-Watubangga adalah sebanyak 214 kecelakaan yang tersebar dibeberapa ruas jalan yaitu ruas jalan Kec Kolaka sebesar 25 (11,68%), ruas jalan Kec Wundulako sebesar 50 (23,36%), ruas jalan Kec Baula sebesar   27 (12,62%), ruas jalan Kec Pomalaa sebesar 53 (24,77%), ruas jalan Kec Tanggetada sebesar 35 (16,36%), dan ruas jalan Kec Watubangga sebesar 24 (11,21%). Titik black spot pada ruas jalan kecamatan Pomalaa lebih banyak dibandingkan dengan ruas jalan di kecamatan lainnya yang menempatkan Pomalaa sebagai kecamatan dengan tingkat kecelakaan tertinggi yaitu 50 (23,36%). Oleh karena itu, penanganan Penurunan Tingkat Kecelakaan Lalulintas pada ruas  jalan Kolaka-Watubangga kabupaten kolaka dapat dilakukan dengan memasang rambu-rambu keselamatan lalulintas, mengganti rambu-rambu yang telah yang rusak, menambah rambu peringatan pada daerah rawan kecelakaan, dan perbaikan infrastruktur jalan pada daerah rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 1993. Nomor 44 Tahun 1993 Tentang Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Anonim. Peraturan Departemen Perhubungan. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Anonim. Direktorat Keselamatan Transportasi Darat (DKTD). 2007. Pedoman Operasi Accident Black Spot Investigation Unit/Unit Penelitian Kecelakaan Lalu Lintas (ABIU/UPK), Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Direktorat Jenderal Bina Marga (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Etal, B. 1986. Perekayasaan Teknik Lalu Lintas. Penerbit Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Febriyanto Setio, 2018. Analisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Sukowati Kabupaten Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Gito Sugianto, Ari Fadli, 2012. Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot). Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Jawa Tengah. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan 19 (2) (2017) 128 - 135
Geurts, K. and Wets, G. 2003. Black Spot Analysis Methods: Literature Review. Diepenbeek: Steunpunt Verkeersveiligheid bij Stijgende Mobiliteit.
Heru Aditriansyah. 2018. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Batu Ampar Kota Batam. Dengan Metode Accident Rate (Analysis Of Traffic Accidents At. Batu Ampar, Batam With Accident Rate Method) Universitas Islam Indonesia.
Harsono. 1992. Perekayasaan dan Kelengkapan Angkutan Jalan. Nova Cipta Jakarta.
Haddon’Matrix. 2002. Introducing The Third Dimention.
Malkamah. 1995. Kelengkapan Jalan Raya dan Aturan Berkendara. Penerbit Media Kita. Bandung.
Mike Slinn, Paul Matthews and Peter Guest. 2005. Traffic Engineering Design, Second Edition: Principles and Practice. Linacre House. Jordan Hill: Oxford
Oglesby, C. H. 1988. Teknik Jalan Raya. Edisi Keempat. Erlangga. Jakarta
Pignataro, L. J. 1973. Traffic Engineering Theory and Practice. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs. New Jersey
Rezha Fryanka Laukuan, 2011. Mencari Metode Sederhana Dalam Penentuan (Black spot). Universitas Indonesia. Depok.
Rusdianto Horman Lalenoh Theo K, Sendow, Freddy Jansen. Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode MKJI dan PKJI 2014. Universitas Sam Ratulangi Manado.Jurnal Sipil Statik 11 November 2015(737-746) ISSN:2337-6732
Soesantiyo. 1985. Teknik Lalu Lintas I (Traffic Engineering). Institut Teknologi
10 Nopember. Surabaya.
Syahiruddin. 2016. Aplikasi Pembelajaran Rambu-Rambu Lalu Lintas Serta Peraturan Berkendara. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Yuda, Ariza Ferdinan DM, 2018. Analis Penentuan Wilayah Blackspot Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Soekarno-Hatta Lampung (Studi Kasus Simpang Tugu Pahlawan-Bundaran Raden Intan). Universitas Lampung. Lampung
Wedasana, Agus Surya. 2011. Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Dan Penyusunan Database Berbasis Sistem Informsi Geografis (Studi Kasus Kota Denpasar). Magister Teknik Sipil Universitas Udayana. Denpasar
Rambu Lalu Lintas”. Wikipedia the Free Encyclopedia. https://id.wikipedia.org/ wiki/ Rambu_ lalu_lintas. (20 April 2015).
Published
2022-09-01
How to Cite
La Ode, A. T., Hidayat, A., ., G., Purnama, H., & ., N. (2022). PENURUNAN TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS MELALUI ANALISA BLACK SPOT DI RUAS JALAN KOLAKA-WATUBANGGA. DINTEK, 15(2), 65 - 73. Retrieved from https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/1399