STUDI SUPERELEVASI DAN CROSS SLOPEDALAM PENENTUAN JALAN ANGKUT PADA DIMENSI ALAT ANGKUT TERBESAR Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara Ternate
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian menentukan ukuran geometri jalan angkut yang seharusnya dengan mengacu pada dimensi alat angkut terbesar yang digunakan, meliputi lebar jalan, kemiringan jalan, jari-jari tikungan, superelevasi dan cross slope. Metode penelitian adalah deskripsi analitik dengan cara melakukan survey lapangan pada jalan angkut kuari batugamping menuju Crusher. Hasil penelitian angka super elevasi sebesar 0,04 m/m maka kecepatan rencana saat melewati tikungan harus disesuaikan. Untuk lebar jalan angkut satu jalur pada tikungan sebesar 6 meter dan untuk dua jalur 14 meter serta angka superelevasi yang diterapkan sebesar 0,04 m/m, maka beda tinggi yang harus dibuat antara sisi dalam dan sisi luar tikungan adalah 0,23 m untuk satu jalur dan 0,56 m untuk dua jalur. Berdasarkan hasil perhitungan untuk jalan angkut satu jalur dengan lebar 5 meter beda tinggi yang harus dibuat antara bagian tengah dari jalan dengan bagian tepi jalan adalah 10 cm, sedangkan untuk dua jalur dengan lebar 9 meter beda tinggi yang harus dibuat antara bagian tengah dari jalan dengan bagian tepi jalan adalah 18 cm .