PENGARUH AKTIVITAS PENAMBANGAN EMAS TERHADAP KONDISI AIRTANAH DANGKAL DI DUSUN BERINGIN KECAMATAN MALIFUT PROVINSI MALUKU UTARA

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Muhammad Djunaidi
  • Herry Djainal

Abstract

Air merupakan salahsatu sumber kehidupan umat manusia. Apabila air telah tercemar maka akan mengakibatkan kerugian yang besar bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini. Di karenakan hampir semua makhluk hidup di muka bumi ini memerlukan air. Dan di perkirakan ≥ 71% dari luas permukaan bumi ini terdiri atas air dan jumlah air di muka bumi ini akan bertambah seiring dengan adanya global warning pada masa sekarang ini.   Analisis Status mutu air sungai mengunakan metode indek pencemaran Untuk mengetahui status mutu air, maka di gunakan metode storet  untuk menghitung berapa besar tingkat pencemaran pada airtanah. Dari perhitungan menggunakan metode storet didapatkan bahwa status mutu air berada pada cemar sedang (-20). Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara non teknis dan cara Teknis. Sedangkan solusi yang baik dalam menangani masalah tersebut, yaitu dengan pembuatan sumur resapan air (SRA) dan perlu kesadaran dari masyarakat dan pemerintah dalam menjaga lingkungan agar tidak terjadi pencemaran.

References

Djunaidi, M; 2008. “Kajian Pencemaran Air Sungai dan Analisis Risiko Terhadap Lingkungan Di Sekitarnya Akibat Penambangan Bijih Emas,” Tesis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Effendi, Hefni; 2004.”Telaah Kualitas Air,” Penerbit PT. KanisiusYogypakarta. Hadi, Anwar; 2005,”Prinsip Pengelolaan Pengambilan Sampel Lingkungan,” PT. Gramedia Pustaka Utama,Jakarta. Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 115 Tahun 2003 Tentang ”Pedoman Penentuan Status Mutu Air” Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 1990, Tentang ”Pengendalian Pencemaran Air”, CETS UII, Yogyakarta. Wardhana, Wisnu Arya; 2004,”Dampak Pencemaran Lingkungan,” Penerbit PT. ANDI, Yogyakarta.
Published
2017-10-23
How to Cite
DJUNAIDI, Muhammad; DJAINAL, Herry. PENGARUH AKTIVITAS PENAMBANGAN EMAS TERHADAP KONDISI AIRTANAH DANGKAL DI DUSUN BERINGIN KECAMATAN MALIFUT PROVINSI MALUKU UTARA. DINTEK, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 58-65, oct. 2017. ISSN 2598-8891. Available at: <http://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/24>. Date accessed: 19 nov. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>