TINJAUAN YURIDIS PENGARUH PENINGKATAN KUALITASPELAYANAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM LISTRIKPRABAYAR DI PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANAPELAYANAN PELANGGAN KAIRATU

Authors

  • Agustinus. J. Sahetapy Agustinus

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Listrik Prabayar, Perlindungan Konsumen, Standar Pelayanan Minimum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan yuridis terhadap pengaruh peningkatan kualitas pelayanan dalam pelaksanaan program listrik prabayar (token Listrik) bagi masyarakat di lingkungan PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kairatu. Metode penelitian yang digunakan adalah normatif-empiris, mengkaji peraturan perundang-undangan terkait pelayanan publik dan perlindungan konsumen, serta melihat implementasi dan dampaknya di Lapangan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan, yang mencakup kemudahan akses, transparansi informasi, dan kecepatan penanganan masalah, memiliki signifikansi yuridis dalam memastikan hak-hak konsumen listrik prabayar terpenuhi sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan regulasi ketenagalistrikan. Secara khusus, tinjauan yuridis menyoroti kepatuhan PLN Kairatu terhadap Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan oleh pemerintah dan dampaknya terhadap kepuasan dan kepercayaan masyarakat. Kesimpulan penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penguatan kerangka hukum dan peningkatan mekanisme pengawasan agar kualitas pelayanan program listrik prabayar dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan, demi tercapainya keadilan dan kepastian hukum bagi masyarakat sebagai konsumen.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

TINJAUAN YURIDIS PENGARUH PENINGKATAN KUALITASPELAYANAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM LISTRIKPRABAYAR DI PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANAPELAYANAN PELANGGAN KAIRATU. (2025). JUSTISIA - JURNAL ILMU HUKUM, 24(24). https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/justisia/article/view/2613