Pengembangan Pembelajaran Abad 21 Berbasis Hots Matematis Melalui Strategi Mathematical Habits Of Mind

Authors

  • Wahid Umar Universitas Khairun
  • Hasanuddin Usman Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.52046/jssh.v1i2.937

Keywords:

Pembelajaran abad 21, HOTS matematis, mathematical disposition, strategi MHM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan konsep dan kemampuan berpikir matematis atau HOTS matematis siswa dalam pembelajaran Abad 21 melalui strategi MHM. Dalam Wekipedia menyebutkan bahwa abad 21 merupakan abad yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menuntut kita (SDM) sebuah negara untuk menguasai berbagai keterampilan termasuk HOTS matematis atau kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran abad 21 menggeser paradigma secara umum, memberikan ruang gerak lebih luas pada aspek perkembangan dan tugas belajar siswa di sekolah. Konteks ini muncul sebagai implikasi dari pengembangan high order thinking skill matematis melalui strategi MHM yang perlu dioptimalkan dalam proses pembelajaran sebagaimana prinsip-prinsip pembelajaran pada kurikulum 2013. Prinsip-prinsip pembelajaran abad 21 juga menjadi dasar pijakan sebagai salah satu dasar pertimbangan dalam pembiasaan (conditioning) dan pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Melalui kebiasaan berpikir matematis akan membentuk dan menumbuhkan disposisi matematis yaitu keinginan, kesadaran, dan dedikasi yang kuat pada diri siswa untuk belajar matematika dan melaksanakan berbagai kegiatan matematika. Dalam artikel ini dapat di batasi ruang lingkup pembahasan yaitu tentang pengembangan pembelajaran abad 21 berbasis HOTS matematis melalui strategi MHM yang dapat dikembangkan pada siswa SMP disertai dengan rasionalisasi dan contoh pembelajarannya. Oleh karena itu, pembahasan terdiri dari: hakekat mathematical habits of mind, dan strategi MHM dalam pembelajaran abad 21 berbasis HOTS matematis.

Author Biographies

Wahid Umar, Universitas Khairun

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Ternate, Indonesia.

Hasanuddin Usman, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Fakultas MIPA Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

References

Christou, C. (2009). An Empirical Taxonomy of Problem Posing Processes. Dalam Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM –The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Tersedia: http://subs.emis.de/ journals. pdf. [22 Mei 2021].

Costa, A. & Kallick, B. (2008). Describing 16 Habits of Mind. [Online]. Tersedia:
http://www.habits-of-mind.net/pdf/16HOM2.pdf. [7 Juni 2021].


Goldenberg, E. Paul et al. (2005). Mathematical Habits of Mind for Young Children. J. of Education Development Center, Inc. Boston U.


Kemendikbud (2013). Kurikulum 2013. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.


Kusumah (2008). Konsep, Pengembangan, dan Implementasi Computer-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan High-Order Mathematical Thinking. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam bidang pendidikan Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Lim, K. (2009). Undesirable Habits of Mind of Pre-service Teachers: Strategies for Addressing Them.[Online]. Tersedia: http://www.math.utep. edu/Faculty/kienlim/HoM_2009_Lim.pdf. [5 September 2021].


Liz, B et al. (2006). Exemplification in Mathematics Education. Dalam Proceeding of the 30th.

Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. [Online]. Tersedia: http://mcs. open.ac.uk/jhm.pdf. [13 Juni 2021]

Mahmudi, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran dengan Strategi MHM Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Artikel diterbitkan pada Jurnal Educationist, UPI.


Millman, R.S. & Jacobbe, T. (2008). Fostering Creativity in Preservice Teachers Through Mathematical Habits of Mind. Proceeding of the Discussing Group 9. The 11th International Congress on Mathematical Education. Monterrey, Mexico, July 2012. [Online]. Tersedia: http://dg.icme11.org/document/ get/272. [10 Juni 2021].


NCTM. (2004). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. [Online]. Tersedia:
http://www.krellinst.org/AiS/textbook/manual/stand/NCTM_stand.html. [25 Mei 2021].


Sumarmo, et al. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa SD. Laporan Penelitian. Bandung: UPI.


Suryadi, D. (2012). Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.


Sutawidjaja, A. (2013) Proses Berpikir Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Kongres Nasional Pendidikan Matematika Ke V FPMIPA UM Malang.


Turmudi (2010). Teknik dan Strategi Pembelajaran Matematika untuk Guru SMP. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.


Umar, W. (2017). Constructing Means Ends Analysis Instruction to Improve Students’ Critical Thinking Ability and Mathematical Habits of Mind. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education Vol. 5. No. 2: 261-272.

Downloads

Published

07-12-2021