ANALISIS PEMILIHAN MODA ANGKUTAN LAUT ANTARA KAPAL KM. HOLLY MARY DAN KM. GEOVANI

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasifik Morotai

  • Aminullah Thaib Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasifik Morotai
  • Fitro Darwis Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasifik Morotai
  • Suparman Utokoy Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasifik Morotai
Keywords: pemilihan moda, transportasi, kapal laut, Importance Performance Analisys

Abstract

ABSTRAK

 

Transportasi laut sebagai  salah satu alat atau sarana pergerakan untuk melakasanakan aktivitas manusia antar pulau. Salah satu pelabuhan di Kabupaten Pulau Morotai yang menangani akses transportasi laut adalah Pelabuhan Daruba. Untuk perjalanan transportasi penumpang, terdapat dua kapal yang beroperasi dari Morotai ke Kota Ternate ataupun sebaliknya. Kapal-kapal tersebut adalah KM. Geovani dan KM. Holly Mary. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui alasan pemilihan moda angkutan laut antara kedua kapal ini. Analisis data pemilihan moda transportasi adalah dengan  metode Importance Performance Analisys. Dimana tingkat kinerja dan harapan dari penumpang menjadi alasan pemilihan moda. Faktor-faktor utama yang dipakai sebagai penilaian adalah faktor keamanan, faktor kenyamanan, faktor biaya dan faktor waktu. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa dari empat faktor penilaian yang mempengaruhi pemilihan moda angkultan laut antara kapal KM. Holly Mary dan KM.Geovani secara sama-sama adalah variabel X1 sebagai faktor keamanan dimana uraian dalam faktor keamanan ini adalah ketersediaan pelampung, keamanan barang penumpang, dan tersedianya sistem pemadam kebakaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Buamona, F. (2016). Model Pemilihan Moda Transportasi Laut Antarpulau Dengan Metode Regresi Logistik (Studi Kasus Di Maluku Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Nursyah, M., Isya, M., & Anggraini, R. (2018). Model Utilitas Pemilihan Moda Angkutan Laut ke Sabang dan Sebaliknya. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 1(1), 37-42.
Ticoalu, A. A., Lefrandt, L. I., & Kumaat, M. (2020). Perbandingan Pemilihan Moda Transportasi Laut Perahu Taksi dan Kapal Ferri (Studi Kasus: Bitung-Lembeh). Jurnal Sipil Statik, 8(4).
Aisah, N., & Suseno, D. A. (2021). Analisis Pemilihan Moda Transportasi dalam Kunjungan Wisatawan. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 4(1), 1108-1127.
Aprilia, P., Lefrandt, L. I., & Pandey, S. V. (2021). Analisa Pemilihan Moda Transportasi di Tondano. TEKNO, 19(79).
Published
2022-09-01
How to Cite
Thaib, A., Darwis, F., & Utokoy, S. (2022). ANALISIS PEMILIHAN MODA ANGKUTAN LAUT ANTARA KAPAL KM. HOLLY MARY DAN KM. GEOVANI. DINTEK, 15(2), 109 - 117. Retrieved from https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/1459