Saluran Pemasaran Kamplang Bajo Kecamatan Bacan Tengah, Kab. Halmahera Selatan
DOI:
https://doi.org/10.52046/agrikan.v2i2.1102Keywords:
Pemasaran, Kamplanng, Desa BajoAbstract
Pemasaran kamplang didesa Bajo oleh produsen ditentukan adanya perbedaan harga yang diterima oleh produsen pada waktu dan tujuan pasar yang sama. Hal ini disebabkan kegiatan produksi dan pemasaran disaat bersamaan. sehingga terjadi persaingan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kamplang dari produsen di Desa Bajo sampai di konsumen akhir. Penentuan Responden produsen dilakukan secara acak. yaitu dari jumlah 250 kepala keluarga (KK) yang memproduksi kamplang diambil 30 Responden, sedangkan untuk responden Lembaga pemasaran lain dipilih secara sengaja (purposive) dengan mengikuti saluran pemasaran komoditas kamplang dari produsen sampai ke tingkat pedagang pengecer. Hasil penelitian diperoleh proses pemasaran produk kamplang mulai dari produsen di Desa Bajo, Kecamalan Bacon Tengah, Halmahera Selalan hingga komsumen akhir melibatkan beberapa lembaga pemasaran, yaitu produsen, pedagang pengumput, dan pedagang pengecer. Produksi kamplang di Desa Bajo tiudah diproduksi oleh masyarakat secara turun temurun dan dilakukan oleh kaum ibu. Penentuan harga antara produsen dengan pedagang berdasarkan tawar menawar, sistem pembayaran yang terjadi adalah tunai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2009 Amalan Tomia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.