Strategi Pemasaran Telur Ayam Di Ud Satwa Tani Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.52046/agrikan.v3i1.1083Keywords:
Strengths, Weakness, Opportunity, ThreatsAbstract
Analisis lingkungan internal mencakup kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weakness) produk bersumber dari penilaian internal perusahaan dan untuk lebih valid juga perlu ada penilaian oleh pihak konsumen. Konsumen dapat menilai kelebihan dan kekurangan 4P (Produk, promotion, place, price) secara netral. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengatahui tanggapan/respon masyarakat terhadap produk telur ayam; 2) mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang perusahaan dalam memasarkan telur ayam; dan 3) merumuskan strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan untuk memasarkan produk telur ayam. Metode analisis yang digunakan adalah anaisis deskriptif, analisis kuantitaif yang meliputi: 1) Matrik Faktor Strategi Eksternal; 2) Matrik Faktor Strategi Internal, Analisis SWOT(Strengths, Weakness, Opportunity, Threats). Kekuatan yang dimiliki dalam pemasaran telur ayam di UD. SATWA TANI adalah rasa yang enak, harga yang murah, pelayanan yang baik, lokasi yang strategis. Kelemahan yang dimiliki dalam pemasaran telur ayam di UD. SATWA TANI adalah ukuran telur yang kecil, warna kulit telur yang keputih-putihan, ketebalan kulit telur yang tipis. Peluang yang dimiliki dalam pemasaran telur ayam di UD SATWA TANI adalah tidak terpenuhinya permintaan pasar, terpenuhinya gizi masyarakat, minimalisasi anggaran rumah tangga. Ancaman yang dimiliki dalam pemasaran telur ayam adalah respon masyarakat terhadap telur ayam dan tersedianya telur ayam yang tidak menentu.Strategi pemasaran yang ideal setelah dilakukan analisa SWOT yang disesuaikan dengan analisa matrik faktor strategi internal-eksternal pemasaran telur ayam adalah srategi S-O (Strength-Opportunities), yaitu dengan mempertahankan dan meningkatkan pelayanan di depo sentral, meningkatkan kualitas produk. Dengan strategi tersebut diharapkan konsumen dapat bertahan dan dapat menarik konsumen baru.
References
Agribisnis Komoditi Kelapa Dalam di Desa Simau Kecamatan Galela Induk Kabupaten Halmahera Utara Siti Dumade, K., Muhammad, M., Ekaria, dan, Artikel, I., Penelitian, A., Pengabdian, A., & Artikel, R. (n.d.-b). MMU-TERNATE. https://doi.org/10.52046/biosainstek.v4i2.22-26
Ekaria, E., & Muhammad, M. (2018). Analisis Risiko Usahatani Ubi Kayu di Desa Gorua Kecamatan Tobelo Utara. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 11(2), 9. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.11.2.9-14
Muhammad, B. M. (2018). The Prospect of Nutmeg (Myristica Fragrans Houut) Organic Development (Case Study in Ngidiho Village Distric of West Galela, North Halmahera Regency). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012016
Muhammad, M. (2014). Strategi pengembangan agribisnis tanaman jagung pada Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara. Agrikan: Jurnal Ilmiah Agribisnis Dan Perikanan, 7(1), 58. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.7.1.58-65
Muhammad, M. (2018a). Analisis SWOT sebagai Strategi Pengembangan Usahatani Buah Naga Merah (Hylocereus costaricensis) Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 11(1), 28. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.11.1.28-37
Muhammad, M. (2018b). Identifikasi Daya Saing Bawang Merah Topo Varietas Unggul Lokal di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara ( The Identification of Topo Red Onion Competitiveness by Local Superior Varietas In Tidore Island City North Maluku Province ). 11(2), 22–30. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.11.2.22-30
Muhammad, M. (2019). Analisis Nilai Tambah dan Pemasaran Kelapa di Desa Simau Kecamatan Galela Induk Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Biosainstek, 1(01), 31–37.
Muhammad, M., Buturu, A., & Buturu, D. A. (2019). Analisis Nilai Tambah dan Pemasaran Kelapa di Desa Simau Kecamatan Galela Induk Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal BIOSAINSTEK, 1(1). https://doi.org/10.52046/biosainstek.v1i01.210.31-37
Muhammad, M., & Ekaria, E. (2018). Identifikasi Daya Saing Bawang Merah Topo Varietas Unggul Lokal di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 11(2), 22. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.11.2.22-30
Muhammad, M., & Ekaria, E. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Bawang Merah Lokal Topo di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 12(2), 209. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.12.2.209-219
Muhammad, M., Fatmawati, F., & Din, A. H. (2020). Analysis of Distribution and Marketing Margin of Topo Local Shallots in North Tidore District, Tidore Islands City. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 13(2), 334–343. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.13.2.334-343
Muhammad, M., & Febriani, N. (2021). Analisis Risiko Usahatani Bawang Merah Lokal Topo di Kelurahan Topo Kecamatan Tidore Kota Tidore Kepulauan ( Risk Analysis of Topo Local Onion Farming in Topo Village , Tidore District , Tidore Islands City ). 14(1), 148–152. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.14.1.148-152
Rinadiyana, L. R., Triwardani, D., Badriatin, T., & Muhammad, M. (2020). The Effect of Product Quality , Price , Place , Strategy Marketing of Purchase Decisions Cibaduyut Shoes. 8468.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2010 Haryati La Kamisi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







