ANALISIS SENTIMEN PELAYANAN INDOMARET DAN ALFAMIDI PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES (STUDI KASUS KOTA TERNATE)
Abstract
Di dalam dunia bisnis era globaisasi yang terjadi pada saat ini berada didalam situasi yang tidak menentu dalam menghadapi tantangan yang tinggi. Bahkan secara internal, manajer sering menghadapi permasalahan seperti produktivitas, mutu, pelayanan, waktu, keselamatan, lingkungan dan prilaku karyawan yang semakin hari semakin sangat berat. Sedangkan secara eksternal, manajer mendapatkan tekanan terus-menerus dari konsumen, pemasok, lembaga masyarakat dan berbagai macam perubahan yang tidak terduga. Didalam suatu internal perusahaan harus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen. Karyawan merupakan salah satu yang paling diperhatikan oleh konsumen. Karena karyawan terjun langsung untuk menghadapi konsumen. Sehingga manajer perusahaan tersebut harus memperhatikan karyawannya, supaya tingkah laku karyawan tidak membuat kecewa konsumen. Hasil pengujian algoritma Naïve bayes Classifier yang telah dilakukan ada beberapa hal yang dihasilkan antara lain berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini bahwa pelanggan memiliki pandangan yang positif terhadap pelayanan Indomaret dan Alfamidi di Kota Ternate yang dibuktikan oleh analisis penelitian, algoritma Naïve Bayes Classifier menghasilkan nilai akurasi sebesar 75%, tingkat akurasi analisis sentiment pada media sosial twitter pada penelitian ini mimiliki nilai precision sebesar 78%, nilai recall sebesar 95% dan F-measure sebesar 86%