PERAMALAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SAMUDRA MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR SEDERHANA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adam Yordan
Tri Novriza Putri
Dara Havisha Lamkaruna

Abstract

Peramalan penerimaan mahasiswa baru universitas samudra menggunakan metode regresi linear sederhana bertujuan untuk meramalkan atau memprediksi jumlah penerimaan mahasiswa baru dengan menganalisis data-data yang ada pada tahun-tahun sebelumnya kemudian mempresentasikannya kedalam kejadian yang akan datang dengan suatu model matematis, perhitungan ini dapat berupa perhitungan yang menggunakan pendekatan baik kuantitatif atau kualitatif.


Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data penerimaan mahasiswa pada universitas samudra tahun 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2019. Pada masalah ini menggunakan sebuah metode dalam data mining yaitu regresi linear sederhana.


Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah penggunaan metode regresi linear sederhana dapat dipertimbangkan karena jumlah error yang didapat pada hasil prediksi penerimaan mahasiswa baru 1 tahun kedepan tidak terlalu besarĀ  yaitu sebesar 21 dari 1428 mahsiswa hasil prediksi, dimana data ini di uji pada data tahun 2018 jika diprediksi pada tahun tersebut, banyak mahasiswa yang masuk pada tahun tersebut adalah 1449.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##