Implementasi Metode AHP Dalam Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Main Article Content

Junaidi Noh

Abstract

Penilaian kinerja dosen merupakan upaya agar suatu perguruan tinggi dapat menjaga kualitas sumber daya manusianya. Penilaian dilakukan untuk mengevaluasi perfoma atau kinerja serta mengukur kontribusi dosen dengan  tujuan untuk meningkatkan produktivitasnya. Universitas muhammadiyah Maluku Utara merupakan salah satu kampus terkemuka yang berada di provinsi Maluku Utara. Sebagai kampus yang terkemuka, sudah tentu upaya untuk menjaga mutu dan kualitas kampus dengan menilai kinerja dosen sudah sering dilakukan. Akan tetapi terkadang kegiatan menilai ini tidak berlangsung secara baik karena terkendala oleh keterbatasan sistem penilaian. Untuk itu perlu ada sistem penilaian yang dapat membantu memudahkan pihak kampus untuk melakukan penilaian kinerja dosen. Salah satu sistem yang sering digunakan dalam menilai adalah sistem pendukung keputusan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendiskusikan tentang perancangan system pendukung keputusan penilaian kinerja dosen UMMU ternate dengan menggunakan metode AHP, serta kriteria penilaian yang digunakan adalah pengajaran, penelitian, pengabdian dan unsure tambahan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa SPK penilaian kinerja dengan metode AHP  mampu  memberikan keputusan hasil kinerja dosen dengan baik.

Article Details

How to Cite
NOH, Junaidi. Implementasi Metode AHP Dalam Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. J-TIFA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 8-14, june 2019. ISSN 2654-2633. Available at: <http://jurnal.ummu.ac.id/index.php/J-TIFA/article/view/188>. Date accessed: 21 oct. 2019.
Section
Articles