KUALITAS PELAYANAN IBADAH HAJI DI KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN HALMAHERA BARAT
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Ibadah HajiAbstract
Tuntutan para jamaah untuk memperoleh pelayanan yang lebih baik
harus disikapi sebagai upaya untuk memberikan kepuasan kepada para jamaah. Kepuasan
jamaah haji sangat berkaitan dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara
ibadah haji, seperti yang diungkapkan Tjiptono, bahwa kualitas memiliki hubungan yang
sangat erat dengan kepuasan pelanggan. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kualitas pelayanan ibadah haji yang diberikan kantor kementerian agama
kabupaten Halmahera barat dilihat dari proses dan produk layanannya. Metode : jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang
terdiri dari 1 informan adalah masyarakat yang pernah menggunakan jasa pelayanan haji di
kementerian Agama Halmahera barat, 2 informan Calon jamaah haji yang sedang menunggu
jadwal keberangkatan. 1 informan kepala seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh dan I
informan adalah Panitia penyelenggara ibadah haji dan umroh di bagian kesehatan di kabupaten
Halmahera selatan. Hasil : hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada petugas yang
belum disiplin saat masuk kantor, petugas telah memberikan pelayanan dengan baik, secara
sopan dan mekanisme yang sangat jelas, sarana prasarana seperti tempat parkiran dan toilet
masih kurang, Produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan SOP dan jumlah jamaah haji
tidak diinformasikan secara luas saat proses pemeriksaan kesehatan pada jamaah haji dan
calon jamaah haji merasa puas dengan pelayanan yang diberikan yaitu jelas dan tidak sulit.
Saran : kepada pimpinan bahwa sebagai pelayanan publik, pada aspek kebersihannya
fasilitas pelayanan kesehatan harus dilengkapi dengan sarana Gerakan Masyarakat Hidup
Bersih dan Sehat yang meliputi kelayakan ruangan, mempunyai ventilasi, serta ketersediaan
tempat cuci tangan