GAMBARAN PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENANGGULANGI PENYAKIT ISPA DI PUSKESMAS SIKO TAHUN 2018
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords:
Mutu pelayanan kesehatan, Penyakit ISPAAbstract
Mutu pelayanan kesehatan merupakan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan
yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan,
sehingga menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien. Pelayanan yang bermutu sangat
diperlukan karena merupakan hak setiap pelanggan, dan dapat memberi peluang untuk
memenangkan persaingan dengan pemberi layanan kesehatan lainnya. Kualitas pelayanan
dan nilai berdampak langsung terhadap pelanggan. Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh
kualitas pelayanan yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran
Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan dalam Menanggulangi Penyakit ISPA Di Puskesmas
Siko tahun 2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini
memperoleh data melalui wawancara mendalam (indep interview) Ada 3 informan yang
diteliti informan utama Pemegang program ISPA, Petugas ISPA penumonia, dan informan
kunci Kepala Puskesmas. variabel yang diteliti yaitu Sarana prasarana, Akses, dan Kualitas.
Hasil penelitian ini dapat menunjukan bahwa mutu pelayanan kesehatan dalam
Menanggulangi ISPA, sesuai dengan hasil (indep interview) dari ketiga informan .sudah
cukup efektif baik itu dari sarana prasarana, akses dan kualitas. Disarankan kepada pihak
Puskesmas Perawatan Siko agar dapat membuat perencanan untuk peningkatan mutu
pelayanan kesehatan dalam Menanggulangi ISPA sehingga dapat terjadi peninggkatan derajat
kesehatan masyaraka di wilayah kerja Puskesmas Perawatan Siko.