HUBUNGAN KEPUASAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN PASIEN DI PUSKESMAS GAMBESI KECAMATAN KOTA TERNATE SELATAN

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Authors

  • Sitti Mahmud Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Musiana . Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Didik Kurniawan Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Keywords:

Hubungan, Minat, Kunjungan Pasien

Abstract

Kepuasan pasien diartikan sebagai suatu perbandingan antara layanan atau hasil yang diterima dengan harapan pasien. Apabila layanan kesehatan yang diterima pasien tidak memenuhi harapan artinya pasien tidak puas, sebaliknya apabila layanan kesehatan yang diterima pasien sesuai atau melebihi harapan pasien maka pasien akan merasakan suatu kepuasan atas pelayanan kesehatan yang diterimanya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan minat kunjungan pemeriksaan di Puskesmas Gambesi Kota Ternate Tahun 2019. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitaf melalui pendekatan observasional  dengan rancangan Cross Sectional Study dengan jumlah 98 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesoner secara langsung, sedangkan penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, selanjutnya untuk mengetahui hubungan kepuasan dengan minat kunjungan pasien dilakukan dengan uji Chi Square. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel fasilitas, pelayanan tenaga kesehatan dan ketersediaan obat berpengaruh signifikan dengan minat kunjungan pasien dengan nilai P untuk fasilitas yaitu p=0,00, pelayanan tenaga kesehatan yaitu p=0,03 dan untuk ketersediaan obat yaitu p=0,00 kurang dari 0,05. Saran : Bagi puskesmas agar menyediakan sarana fasilitas yang baik bagi pasien yang melakukan kunjungan pemeriksaan di puskesmas, untuk tenaga medis maupun non medis dalam hal ini adalah petugas kesehatan agar lebih meningkatkan mutu pelayanan yang baik dan merata kepada seluruh pasien dan perlunya penyediaan obat yang lengkap di setiap puskesmas dan pelayanan petugas apotik yang cepat agar supaya pasien tidak perlu lagi mengantri saat pengambilan obat.

Downloads

Published

2020-12-01