PENGARUH KONSUMSI IKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK SD 58 DAN SD 65 KOTA TERNATE
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords:
Konsumsi ikan, Prestasi belajar anak SDAbstract
Permasalahan utama yang dihadapi Indonesia khususnya dalam bidang pendidikan saat ini yaitu masih rendahnya prestasi belajar pada anak sekolah dasar. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar pada anak salah satunya yaitu mengkonsumsi ikan sehingga pertumbuhan anak akan lebih optimal serta memiliki status gizi dan prestasi belajar yang baik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan Untuk mengidentifikasi pengaruh konsumsi ikan terhadap prestasi belajar anak SD 58 dan SD 65 Kota Ternatke pada tahun 2019. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara konsumsi ikan dengan prestasi belajar anak SD 58 dan SD 65 Kota Ternate pada tahun 2019 test diperoleh nilai =0,025 > 0,05, Tidak ada hubungan antara pendapatan dengan prestasi belajar anak SD 58 dan SD 65 Kota Ternate pada tahun 2019 diperoleh nilai =0,687> 0,05, Tidak ada hubungan antara pendidikan ibu dengan prestasi belajar anak SD 58 dan SD 65 Kota Ternate pada tahun 2019 diperoleh nilai =0,711> 0,05, Tidak ada hubungan status gizi dengan prestasi belajar anak SD 58 dan SD 65 Kota Ternate pada tahun 2019 diperoleh nilai p = 0,350 >0,05. Saran : Prestasi belajar anak-anak di SD 58 dan 65 sudah sangat baik sehingga perlu dipertahankan. Selanjutnya, perlu adanya kerjasama dari orang tua dan pihak sekolah untuk terus mengontrol dan memberikan motivasi belajar pada anak dan menjadikan prestasi belajar anak sebagai tanggung jawab bersama.