FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS FALABISAHAYA KECAMATAN MANGOLI UTARA KABUPATEN KEPULAUAN SULA TAHUN 2017

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Misi Rahmat Harun * Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Musiana MM,. MKes ** Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Mutu pelayanan

Abstract

Puskesmas  (Pusat  Kesehatan  Masyarakat)  merupakan  Instansi  Kesehatan yang  menawarkan  pelayanan  yang  bersifat  menyeluruh,  terpadu,  dapat  diterima dan  dijangkau  oleh  masyarakat.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Falabisahaya Kec. Mangoli Utara Kab. Kepulauan Sula Tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Falabisahaya Kecamatan Mangoli Utara dengan jumlah sampel 91 sampel. Pengumpulan data dilakukan  dengan pengisian kuesioner secara langsung. Penyajian data dalam bentuk tabel frekuansi, selanjutnya untuk mengetahui adanya hubungan variabel yang diteliti dengan mutu pelayanan rawat jalan dilakukan dengan uji chi-square.  Hasil penelitian di dapatkan tidak ada hubungan antara ketepatan waktu dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas, ada hubungan antara kehandalan petugas dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas, tidak ada hubungan antara waktu tunggu dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas, tidak ada hubungan antara kemudahan akses dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas. Saran dari penelitian ini adalah kepada pihak Puskesmas Falabisahaya dapat memberikan pelayanan yang baik, dapat meningkatkan kualitas kerja serta memanfaatkan waktu dengan baik.

References

Anonim.,2001. Pemeliharaan Kesehatan Pegawai Negeri Sipil. Pikiran Rakyat Azwar, Azrul. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Pasuraman. (1994). Multiple Item For Realising Consumers Perception And Qualit, Servqual. Cambridge: Marketing Service Institute Santoso, H dan Nor, M. 2011. Penilaian Kualitas Pusat Kesehatan Masyarakat di Wilayah Sumatera Utara, Indonesia. Jurnal manajemen pelayanan kesehatan 14(1): 49-5
Published
2018-12-01