FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS FALABISAHAYA KECAMATAN MANGOLI UTARA KABUPATEN KEPULAUAN SULA TAHUN 2017
Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Abstract
Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) merupakan Instansi Kesehatan yang menawarkan pelayanan yang bersifat menyeluruh, terpadu, dapat diterima dan dijangkau oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Falabisahaya Kec. Mangoli Utara Kab. Kepulauan Sula Tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Falabisahaya Kecamatan Mangoli Utara dengan jumlah sampel 91 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner secara langsung. Penyajian data dalam bentuk tabel frekuansi, selanjutnya untuk mengetahui adanya hubungan variabel yang diteliti dengan mutu pelayanan rawat jalan dilakukan dengan uji chi-square. Hasil penelitian di dapatkan tidak ada hubungan antara ketepatan waktu dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas, ada hubungan antara kehandalan petugas dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas, tidak ada hubungan antara waktu tunggu dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas, tidak ada hubungan antara kemudahan akses dengan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas. Saran dari penelitian ini adalah kepada pihak Puskesmas Falabisahaya dapat memberikan pelayanan yang baik, dapat meningkatkan kualitas kerja serta memanfaatkan waktu dengan baik.