HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI MIN FOBAHARUKOTA TIDORE KEPULAUAN TAHUN 2017

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Authors

Keywords:

status gizi, prestasi belajar

Abstract

Status gizi merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia karena sangat mempengaruhi kecerdasan, produktifitas dan kreatifitas. Dalam upaya peningkatan status gizi pada hakekatnya harus dimulai sedini mungkin, salah satunya anak sekolah. Prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah di capai oleh setiap anak  Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar anak MIN Fobaharu Kota Tidore Kepulauan. Jenis penelitian adalah penilitian Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan “Cross Sectional†populasi penilitian ini seluruh anak kelas III-V SD MIN Fobaharu Kota Tidore yang berjumlah 60 siswa, ( total sampel). Hasil analisis statistik hubungan status gizi IMT/U dengan tingkat prestasi belajar di peroleh nilai P-Value 0,041<0,05 yang berarti ada hubungan, sedangkan hubungan pendapatan dengan prestasi belajar anak diperoleh nilai P-Value 0,056>0,05 yang berarti tidak ada hubungan. Dan hubungan kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar diperoleh nilai P-Value 0.041< 0,05 yang berarti ada hubungan, hubungan kebiasaan jajan dengan prestasi belajar anak diperoleh nilai P-Value 0,039< 0,05 yang berarti ada hubungan. Dari hasil penilitian disarankan kepada petugas gizi agar lebih sering melakukan penyuluhan pada anak Sekolah Dasar tetang gizi seimbang dan melakukan pemantauan gizi anak sehingga dapat memberikan informasi dini kepada sekolah dan dapat segera mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya masalah kekurangan gizi.

Downloads

Published

2018-12-01