HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI MIN FOBAHARUKOTA TIDORE KEPULAUAN TAHUN 2017

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Ani Karim* Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Agustin Rahayu ** Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: status gizi, prestasi belajar

Abstract

Status gizi merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia karena sangat mempengaruhi kecerdasan, produktifitas dan kreatifitas. Dalam upaya peningkatan status gizi pada hakekatnya harus dimulai sedini mungkin, salah satunya anak sekolah. Prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah di capai oleh setiap anak  Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar anak MIN Fobaharu Kota Tidore Kepulauan. Jenis penelitian adalah penilitian Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan “Cross Sectional” populasi penilitian ini seluruh anak kelas III-V SD MIN Fobaharu Kota Tidore yang berjumlah 60 siswa, ( total sampel). Hasil analisis statistik hubungan status gizi IMT/U dengan tingkat prestasi belajar di peroleh nilai P-Value 0,041<0,05 yang berarti ada hubungan, sedangkan hubungan pendapatan dengan prestasi belajar anak diperoleh nilai P-Value 0,056>0,05 yang berarti tidak ada hubungan. Dan hubungan kebiasaan sarapan dengan prestasi belajar diperoleh nilai P-Value 0.041< 0,05 yang berarti ada hubungan, hubungan kebiasaan jajan dengan prestasi belajar anak diperoleh nilai P-Value 0,039< 0,05 yang berarti ada hubungan. Dari hasil penilitian disarankan kepada petugas gizi agar lebih sering melakukan penyuluhan pada anak Sekolah Dasar tetang gizi seimbang dan melakukan pemantauan gizi anak sehingga dapat memberikan informasi dini kepada sekolah dan dapat segera mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya masalah kekurangan gizi.

References

Profil sekolah Min Fobaharu Kota Tidore Kepulauan tahun 2017
Arisman,M.B, Gizi Dalam Daur Kehidupan; Buku Kedokteran EGC,2001
Sjahmien Moehji BSC; Bharata Niaga media, Jakarta 2000 ,
Supariasa, dkk; Penilaian Status Gizi. buku Kedokteran EGC,2000
Sunita Aimastsier; PT. Gramedia Pustaka Utama,2001
Almatsier, Sunita, Prinsip dasar Iimu Gizi, Jakarta : PT. Gramedika pustaka utama : 2005
Hidayat Sugeng, Hubungan Status Gizi dan Kondisi Belajar dengan Prestasi belajar siswa sekolah dasar. 2006 Http:///www.fkm.undip.ac.id/data/index.php?acti on=4&idx=1009Diakses pada 6 januari 2017
Depkes RI, 2009. Pengrtian Pola Makan, Available at: http://akperla.blogsopt.com diakses pada 24 januari n2014
Hermina, 2014. Jajanan Anak Sekolah Dasar, Availabe at: http://respository.usus.ac.id/.../Chapter%2 0II.pdf diakses pada 12 januari 2014 Fahria ,Taher , Hubungan Indeks Masa Tubuh (IMT) dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di SD Impres Surya Timur Kecamatan Gane Timur, Skripsi Sarjana tidak dipublikasikan, Fakultas Kesehatan Masyarakar, Universitas Muhammadiyah, Maluku Utara, tahun 2014.
Misnawati, Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di SD Inpres Kayu Merah 2 Kota Ternate, Skripsi Sarjana tidak dipublikasikan, Fakultas Kesehatan Masyarakar, Universitas Muhammadiyah, Maluku Utara, tahun 2014.
Suharjo, Perencanaan Pangan dan Gizi, Jakarta: Bumi Aksara; 2008.
Utari dan Biyobe, 2012. Gizi dan Kesehatan Masyarakat, Edisi Revisi, Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2008.
Published
2018-12-01