STUDI PERILAKU TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS (SEPEDA MOTOR) DI POLRES KOTA TERNATE TAHUN 2017
Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Abstract
Kecelakaan lalu lintas menurut WHO tahun 2013 menyebutkan dalam dua tahun terakhir kecelakaan lalu lintas di Indonesia dinilai menjadi pembunuh ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tuberculosis. Setiap jam setidaknya terdapat 12 kasus kecelakaan lalu lintas dengan tiga korban jiwa. Sementara setiap harinya, 69 nyawa melayang di jalan raya. Di tahun 2013 lalu terdapat 101.037 kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa 25.157 jiwa. Tahun 20s14 95.906 kejadian kecelakaan dengan 28.297 korban jiwa, 26.840 luka berat dan 109.741 jiwa luka ringan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Studi Perilaku Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas (sepeda motor) Di Polres Kota Ternate tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan 4 orang informan utama dan 1 informan kunci yang diwawancarai, informasi diperoleh dengan wawancara terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara (Interview Guide). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yaitu faktor agresifitas minimnya pengetahuan informan tentang penjelasan agresifitas dan beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang mampu di pahami dan menjelaskan beberapa faktor yaitu faktor kelelahan, penggunaan telepon seluler, kecepatan, dan sim C. Diharapkan pada pengendara sepeda motor agar berhati-hati mengendarai sepeda motor di jalan raya guna mendukung keselamatan berkendara lalu lintas
References
Hakim, 2011, Latar Belakan Kecelakaan Lalu Luntas. Unuversitas Gunadarma Bekasi https://www.google.com- search?q=Latar-belakang- kecelakaan-lalu-lintas-tahun-2014 Indri, 2014, Hubungan Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Agresifitas, http://agresivitaspsikologi.blogspot.co. id/2014/12/agresivitas_23.html Jeffri, 2012, Faktor Resiko Yang Berhubungan Dengan Kecelakaan Lalu Lintas, Universitas Jember https://www.google.com/ Faktor- Resiko-terhadap-kecelakaan-lalu- lintas Melati, 2014. Elandis, Jumlah Korban Kecelakaan Melebihi Korban Perang Teluk/1/Nasional/Hukum/ Availble at: http//demo.jurnas.com/news/121581/J akarta 2014 Diakses pada tanggal 1 oktober 2016. Moleong, 2015, Motodologo Penelitian Kualitatif, Cetakan 34, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya : 2015 Mulyanto, 2005, Kecelakaan Lalulintas. Skripsi.http.www Analisis-Faktor- Penyebab-Kecelakaan Lalu-Lintas- Pada-Pengendara-Sepeda-Motor Sihombing, 2009, faktor kecelakaan lalu lintas Skripsi.http.www Analisis- Faktor-Penyebab-Kecelakaan Lalu- Lintas-Pada-Pengendara-Sepeda- Motor. Di akses pada tanggal 3 oktober 2016. Soedirman, 2014, pengertian Kecelakaan Lalu Lintas. Universitas Muhammadiyah Surakatra, http://www.kompasiana.com/michusa/ Pengertian-Kecelakaan Lalulintas- efektif. Di akses pada tanggal 6 oktober 2016. Suma’mur, 2009, Pengertian Kecelakaan Lalulintas. Unuversitas Sumatra Utara. https://wwwgoogle. com/ search, Latar-belakang-kecelakaan- lalu-lintas-tahun 2014 Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan
Jalan dan Peraturan Pemerintah Ri Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraaan, Surabaya : karsindo utama 2013. WHO, 2004,Kecepatan Kenderaan. http//www.kesekolah.com/artikel- dan.berita/kesehatan/tips-cara- mengenali-kecepatan-secara- mental/.htm/ WHO, 2010, Estimasi Jumlah Kematian. Skripsi.http.www Analisis-Faktor- Penyebab-Kecelakaan Lalu-Lintas- Pada-Pengendara-Sepeda-Motor. Di akses pada tanggal 6 oktober 2016. WHO, 2013, Data WHO Kecelakaan lalulintas Universitas Andalas https://www.google.com/search?q=La tar-belakang-kecelakaan-lalu-lintas- tahun-2014