HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG DI PUSKESMAS KUKUPANG KEC. KEPULAUAN JOURONGA KABUPATEN HALMAHERA SELATAN
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara,
Keywords:
Kepuasan, Kunjungan UlangAbstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Minat kunjungan ulang pasien menjadi sangat penting untuk
mempertahankan eksistensi puskesmas. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan
kepuasan kepada pasien, sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan minat
kunjungan ulang bagi pasien. Pasien secara sadar dan tidak sadar akan mengevaluasi
transaksi yang telah dilakukan. Tingkat kepuasan atau ketidakpuasan konsumen yang
akan mempengaruhi perilakunya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara kepuasan pasien dengan minat kunjungan ulang di Puskesmas
Kukupang Kec. Kepulauan Jouronga Kab. Halsel tahun 2021. Metode: Jenis penelitian
yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross
sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.873 pasien dengan sampel
sebanyak 95 pasien. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan
antara ketanggapan (Ï = 0,652 > α=0,05), kehandalan (Ï = 0,442 > α=0,05), jaminan (Ï
= 0,442 > α=0,05), empati (Ï = 0,582 > α=0,05), dan bukti fisik (Ï = 1,000 > α=0,05)
dengan minat kunjungan ulang di Puskesmas Kukupang Kec. Kepulauan Jouronga Kab.
Halsel tahun 2021. Saran: Disarankan agar Puskesmas Kukupang lebih meningkatkan
kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, agar masyarakat memanfaatkan layanan di
tempat pelayanan kesehatan secara optimal.