HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG DI PUSKESMAS KUKUPANG KEC. KEPULAUAN JOURONGA KABUPATEN HALMAHERA SELATAN
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara,
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Minat kunjungan ulang pasien menjadi sangat penting untuk
mempertahankan eksistensi puskesmas. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan
kepuasan kepada pasien, sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan minat
kunjungan ulang bagi pasien. Pasien secara sadar dan tidak sadar akan mengevaluasi
transaksi yang telah dilakukan. Tingkat kepuasan atau ketidakpuasan konsumen yang
akan mempengaruhi perilakunya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara kepuasan pasien dengan minat kunjungan ulang di Puskesmas
Kukupang Kec. Kepulauan Jouronga Kab. Halsel tahun 2021. Metode: Jenis penelitian
yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross
sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.873 pasien dengan sampel
sebanyak 95 pasien. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan
antara ketanggapan (ρ = 0,652 > α=0,05), kehandalan (ρ = 0,442 > α=0,05), jaminan (ρ
= 0,442 > α=0,05), empati (ρ = 0,582 > α=0,05), dan bukti fisik (ρ = 1,000 > α=0,05)
dengan minat kunjungan ulang di Puskesmas Kukupang Kec. Kepulauan Jouronga Kab.
Halsel tahun 2021. Saran: Disarankan agar Puskesmas Kukupang lebih meningkatkan
kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, agar masyarakat memanfaatkan layanan di
tempat pelayanan kesehatan secara optimal.
References
1. Darmawan, Ede Surya., Amal Chalik Sjaaf. 2016. Administrasi Kesehatan Masyarakat:Teori dan Praktik.
Jakarta:Rajawali Pers.
2. Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Kemenkes RI. Jakarta.
3. Qibtiya, Tasya Putri. 2019. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas
Baiturrahman tahun 2019. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Aceh Banda Ac’’eh. Available at :
http://repository.unmuha.ac.id/xmlui/handle/123456789/ 212. Diakses 16 Desember 2020.
4. Ratih, E.B.S. 2018. Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Poli Bedah di
RSUD Kota Madiun tahun 2017. Available at : http://repository.stikesbhm.ac.id/357/. Diakses 30 Juni 2021.
5. Ambariani. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Santun Lansia Pada Kepuasan Pasien Lanjut Usia
Di Puskesmas Santun Lanjut Usia Kabupaten Bogor. 1(1), 59–68.Available at:
http://ijemc.unpad.ac.id/ijemc/article/view/84. Diakses 30 Juni 2021
6. Abidin. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas
Cempae Kota Parepare. Jurnal MKMI, 12(2), 70–75. Available at: https://journal.unhas.ac.id/index.
php/mkmi/article/view/922. Diakses 30 Juni 2021
7. Eka, Y. G. 2018. Pengaruh Kualias Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyrakat sebagai Pasien di
Puskesmas Sering. Skripsi USU, 1–126. Available at: http://repositori.usu.ac.id/bitstream/ha
ndle/ 123456789/1872/150521086.Diakses 30 Juni 2021
8. Parasuraman, A., A, V., & Zeithaml, L. (1988). Servqual : A Multiple Item Scale For Measuring Consumer
Perception Of Service Quality. Jurnal of Retailling, 64(1), 12–40. Diakses 30 Juni 2021
9. Amly, Harzalina Zilfi., Juliandi Harahap., Masnelly Lubis. 2020. Analisis Faktor Penentu Minat
Kunjung Ulang Pasien Diabetes Melitus Di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Endokrin RS. Pirngadi,
Jurnal Health Sains:Vol. 1 No. 4 (2020). Available at : http://jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/article/view/40. Diakses 17 Desember 2020.50
10. Rahmiati., Nauri Anggita Temesvari. 2020. Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan
Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal
Kesehatan 13 (1) 2020, 13-21. Available at : http://journals.ums.ac.id/index.php/jk/article/view/11097/5631. Diakses 8 Januari 2021