HUBUNGAN STATUS GIZI, POLA MAKAN DAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS DARUL ULUM SASA
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara,
Abstract
Keadaan status gizi dan indeks prestasi merupakan gambaran apa yang
dikonsumsi anak sekolah dasar dalam jangka waktu yang lama, dapat berupa gizi
kurang atau gizi lebih dengan keadaan gizi yang baik diharapkan dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan didapati dari
50 siswa yang diobservasi terdapat beberapa siswa tidak melakukan sarapan pagi
sebanyak 34 siswa sebelum berangkat sekolah untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan
: Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan status gizi, pola makan
dan kebiasaan sarapan pagi dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VII dan Siswa
kelas IX MTs Darul Ulum Sasa Ternate. Metode : Metode Penelitian dengan
menggunakan desain cross sectional sebanyak 85 siswa MTS Darul Ulum Sasa Kota
Ternate. Instrumen wang digunakan adalah kuesioner, form frekuensi makan (FFQ),
dan buku rapor akhir semester. Data diolah dan dianalisis menggunakan uji chi square
dengan menggunakan SPSS. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada
hubungan pola makan dengan prestasi belajar siswa (nilai p=0,006), dan tidak ada
hubungan status gizi (p= 1,00), kebiasaan sarapan (p=0,740) dengan prestasi belajar
siswa MTS Darul Ulum Sasa. Saran : Diharapkan adanya edukasi gizi tentang pola
makan yang sehat dan bergizi pada siswa dan keluarganya di sekolah MTS Darul Ulum.
References
1. Lestari, dkk. Gambaran Status Gizi pada
Siswa Sekolah Dasar Kec. Bangko
Kab. Rokan Hilir. Jurnal JOM FK
Volume 3 No. 2 Oktober 2016.
2. Hanif.Hubungan antara Sarapan Pagi dan
Status Gizi dengan Prestasi Belajar
Siswa Kelas IV SD No. 78/III Mukai
Hilir Kec.Siulak Mukai Kab. Kerinci
Tahun 2019.
3. La Fua. Hubungan Kebiasaan Sarapan
Pagi, Dukungan Orang Tua, Fasilitas
Sekolah dengan Prestasi Belajar
Siswa di SD Negeri 01 Gunung Sari
Kec. Bonegunu Kab. Buton Utara.
2017.
4. Iqbal MF, dkk. Hubungan Antara
Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Prestasi
Belajar Anak Sekolah Dasar. Fakultas
Kedokteran Surakarta. Tesis.
Surakarta: UNS, 2015
5. Lasidi, OD., Umboh, A., Ismanto, Y.
Hubungan Status Gizi dan Kualitas
Sarapan Pagi dengan Prestasi
Belajar Siswa Kelas IV dan V SDN
21 Manado. Manado: Universitas
Sam Ratulangi. 2018.
6. Sa’adah. Hubungan Status Gizi dengan
Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Negeri 01 Guguk Malintang Kota
Padangpanjang, Jurnal FIK. 2014.
7. Sorhaindo dan Feisten 2016. Analisis
Pengendalian Status Gizi 2016.
35
8. Nurmawati, Nurmawati, et al. "Hubungan
Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pandrah
Kecamatan Pandrah Kabupaten
Bireuen." Jurnal Edukasi dan Sains
Biologi, vol. 3, no. 1, 2014.
9. Rosita Hayatus Sa’ad, dkk. Hubungan
Status gizi dengan prestasi belajar
sisa Sekolah Dasar neheri 01 Guguk
Malintang Kota padang panjang.
Jurnal Kesehatan Andalas (2014):
3(3), hal 460
- 465
. 2014.
10. Rowa. Faktor
-faktor yang Berhubungan
dengan Pola makan pada Prestasi
Belajar Siswa SDN 21 Malang.2015
11. Nurwijayanti. Pola Makan, Kebiasaan
sarapang dan status gizi berhubungan
dengan prestasi belajar siswa SMK
Kota kediri. Jurnal care, 6(1) 2018.
12. Murjayani. Hubungan Pengetahuan Gizi
dan Pola Komsumsi: Universitas
Sanata Darma. 2018.
13. Mutiara. Analisis Pengaruh Pola
Konsumsi Makan dengan Hasil
Belajar. :Universitas Hasanudin
Makasar. 2017.
14. Wijayanto. Hubungan Pola Makan Anak
Usia Sekolah Dasar Dan Prestasi
Belajar Anak Tahun
. 2015 .
15. Anasiru. Pengaruh Faktor Terjadinya
Kebiasaan Makan terhadap Prestasi
Belajar Siswa Sekolah Dasar. Tesis
PascaSarjana, Fakultas Kesehatan
Masyarakat, Universitas Negeri
Malang 2020.
16. Carolina, Octa. Hubungan Kebiasaan
Sarapan Pagi, Asupan Protein
Sarapan Pagi, Status Gizi Dan
Prestasi Belajar Akademik Siswa SD
Negeri Cigaronggong Kabupaten
Sukabumi [Karya Tulis Ilmiah].
Bandung: Program Studi Diploma III
Jurusan Gizi. Poltekkes Kemenkes
Bandung. 2016