HUBUNGAN STATUS GIZI, POLA MAKAN DAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS DARUL ULUM SASA

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara,

Authors

  • Sulastri Hasan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Diah Merdekawati Surasno Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Suryani Mansyur Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Keywords:

Pola Makan, Status Gizi, Sarapan, Prestasi, Siswa

Abstract

Keadaan status gizi dan indeks prestasi merupakan gambaran apa yang
dikonsumsi anak sekolah dasar dalam jangka waktu yang lama, dapat berupa gizi
kurang atau gizi lebih dengan keadaan gizi yang baik diharapkan dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan didapati dari
50 siswa yang diobservasi terdapat beberapa siswa tidak melakukan sarapan pagi
sebanyak 34 siswa sebelum berangkat sekolah untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan
: Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan status gizi, pola makan
dan kebiasaan sarapan pagi dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VII dan Siswa
kelas IX MTs Darul Ulum Sasa Ternate. Metode : Metode Penelitian dengan
menggunakan desain cross sectional sebanyak 85 siswa MTS Darul Ulum Sasa Kota
Ternate. Instrumen wang digunakan adalah kuesioner, form frekuensi makan (FFQ),
dan buku rapor akhir semester. Data diolah dan dianalisis menggunakan uji chi square
dengan menggunakan SPSS. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada
hubungan pola makan dengan prestasi belajar siswa (nilai p=0,006), dan tidak ada
hubungan status gizi (p= 1,00), kebiasaan sarapan (p=0,740) dengan prestasi belajar
siswa MTS Darul Ulum Sasa. Saran : Diharapkan adanya edukasi gizi tentang pola
makan yang sehat dan bergizi pada siswa dan keluarganya di sekolah MTS Darul Ulum.

Downloads

Published

2022-12-01