HUBUNGAN STATUS GIZI, POLA MAKAN DAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTS DARUL ULUM SASA
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara,
Keywords:
Pola Makan, Status Gizi, Sarapan, Prestasi, SiswaAbstract
Keadaan status gizi dan indeks prestasi merupakan gambaran apa yang 
dikonsumsi anak sekolah dasar dalam jangka waktu yang lama, dapat berupa gizi 
kurang atau gizi lebih dengan keadaan gizi yang baik diharapkan dapat meningkatkan 
prestasi belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan didapati dari 
50 siswa yang diobservasi terdapat beberapa siswa tidak melakukan sarapan pagi 
sebanyak 34 siswa sebelum berangkat sekolah untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan 
: Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan status gizi, pola makan 
dan kebiasaan sarapan pagi dengan tingkat prestasi belajar siswa kelas VII dan Siswa 
kelas IX MTs Darul Ulum Sasa Ternate. Metode : Metode Penelitian dengan 
menggunakan desain cross sectional sebanyak 85 siswa MTS Darul Ulum Sasa Kota 
Ternate. Instrumen wang digunakan adalah kuesioner, form frekuensi makan (FFQ), 
dan buku rapor akhir semester. Data diolah dan dianalisis menggunakan uji chi square 
dengan menggunakan SPSS. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada 
hubungan pola makan dengan prestasi belajar siswa (nilai p=0,006), dan tidak ada 
hubungan status gizi (p= 1,00), kebiasaan sarapan (p=0,740) dengan prestasi belajar 
siswa MTS Darul Ulum Sasa. Saran : Diharapkan adanya edukasi gizi tentang pola 
makan yang sehat dan bergizi pada siswa dan keluarganya di sekolah MTS Darul Ulum.
 
						 
							