ANALISIS KINERJA PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS PELABUHAN AHMAD YANI TERNATE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Dosen UMMU

Authors

  • Susanti Rahman

Keywords:

Kinerja pelabuhan, BOR, tingkat kepuasan pelanggan, .importance performance analysis (IPA

Abstract

Terminal Peti Kemas Pelabuhan Ahmad Yani Ternate sebagai tempat pengiriman ekspor (muat) dan impor (bongkar) peti kemas yang berdiri sejak tahun 2000, memiliki fasilitas dermaga dengan panjang 167 m, luas lapangan penumpukan 1.889 ha dan waktu kerja selama 355 hari/tahun dan waktu operasi 14,75 jam/hari, adapun jumlah sampel adalah 28 pengguna jasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja pelayanan Terminal Peti Kemas Terhadap pengguna jasa .

Evaluasi dilakukan dengan memproyeksikan pertumbuhan arus kapal dan arus peti kemas pada Tahun 2015 sampai 2030 dengan metode regresi linear sedangkan untuk mengetahui kepuasan pelayanannya menggunakan uji validitas, uji reabilitas dan juga dengan metode importance performance analysis (IPA).

Hasil proyeksi menunjukkan pada tahun 2015 sampai 2020 tingkat pemakaian dermaga masih dibawah 40 % seperti yang disarankan UNCTAD, sedangkan pada tahun 2021 sampai 2030 tingkat pemakaian dermaga cukup padat dan kapal harus menunggu untuk merapat ke dermaga. Hasil tingkat kepuasan, belum dapat memuaskan pengguna jasa. Nilai kesenjangan (gap) di tunjukkan dengan nilai -017 adalah indikator penampilan fisik (Tangible) pada kelengkapan, kesiapan dan kebersihan peralatan Terminal Peti Kemas. Terkait IPA, atribut yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan perusahaan Terminal terdapat pada kuadran A dan B, dimana kuadran A menunjukkan penanganannya perlu diperioritaskan oleh perusahaan Terminal Peti Kemas