KAJIAN KINERJA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL PADA PERSIMPANGAN MALIARO – KAMPUNG PISANG KOTA TERNATE

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA

  • Mohammad Said Dosen Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Santospriadi . Dosen Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Yuliyanti Y. Paendong Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: kemacetan lalulintas, kineria simpang tak bersinyal, kapasitas simpang

Abstract

Ternate sebagai kota yang sedang berkembang, dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk dan pendapatan masyarakatnya saat ini mulai merasakan permasalahan kemacetan arus lalu lintas. Permasalahan kemacetan, pelanggaran dan antrian lalu lintas di Kota Ternate pada jam sibuk (Peak Hour) sering terjadi pada persimpangan jalan utama, khususnyapada simpang empat Maliaro – Kampung Pisang. Salah satu penyebab adalah tidak efektifnya penerapan operasional pada simpang tersebut, baik akibat penggunaan bagiansimpang untuk parkir maupun untuk kendaraan berhenti menurunkan penumpangangkutan umum (angkot). Dengan permasalahan diatas, makaperlu dilakukan evaluasi kinerja simpang dan usulan penanganan pengaturansimpang tersebut, agar kemacetan lalu lintas yang mungkintimbul dapat dicegah atau dikurangi. Data primer yang diperlukan meliputi data geometrik, kondisilingkungan dan lalu lintas.Analisis kineria simpang pada bersimpangtak bersinyal ini menggunakan metode MKJI 1997.

Hasil penelitian dari simpang empat Maliaro – Kampung Pisang menuniukkan nilaiderajat kejenuhan melebihi ambang batas 0.85, yang berarti kondisieksisting menghasilkan kontribusi kemacetan yang cukup besar terhadaparus lalu lintas simpang. Beberapa alternatif solusi yang diusulkan secara umum meliputi: larangan parkir di dekat mulut simpang, pengalihan arus lalu lintas melalui jalan alternatif yang lain,perubahan geometrik tikungan, pelarangan PKL beriualan di badan jalan,koordinasi dengan simpang yang berdekatan, peningkatan disiplin berlalulintas bagi pengemudi, dan pelebaran jalan.

 

References

Anonim.(1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia, DPU Dirjen Bina Marga,Jakarta.
Hobbs, F.D.(1995), Perancanaan danTeknik Lalu Lintas, Edisi Kedua, Universitas Gajah Mada Press, Yogyakarta.
Morlok, E.K. (1991), Pengantar dan Teknik Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.
Transportation Reseach Board. (1994). Highway Capacity Manual, Third Edition Special Report 209.National Reseach Council,Washington D.C.
Warpani, S.(1990), Merencanakan Sistem Perangkutan, Penerbit ITB, Bandung.
Widianty, D. (2006), Studi Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal Di Kota Mataram, Jurnal Teknik Sipil. Volume 2 Nomor 1 April 2006. Diakases 12 Juni 2014.
Published
2024-07-01