SUPERVISI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI DI KOTA TIDORE KEPULAUAN
Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Abstract
Dunia pendidikan yang berkembang pesat saat ini menuntut setiap jenjang dan satuan pendidikan harus menciptakan mutu pembelajaran menjadi lebih baik. Hal ini menharuskan para pelaku pendidikan di SMA kota Tidore Kepulauan khusunya kepala sekolah dan pengawas memiliki inisiatif dan kreatif yang tinggi. Selain itu dalam menciptakan mutu pembelajaran juga mengharuskan pengawas untuk berani mengambil resiko. Peluang resiko dalam menciptakan mutu pembelajaran bagaikan satu mata uang dengan dua sisi. Para pelakunya harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang tinggi dan harus mampu meninggalkan sikap mental yang buruk. Mencermati permasalahan yang sedang kita hadapi di bidang pendidikan seperti dikatakan di atas, rasanya kita sepakat bahwa pendidikan harus lebih berusaha untuk menyentuh persoalan yang lebih mendasar dalam penyiapan sumber daya manusia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik terhadap Supervisi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Peningkatan mutu pembelajaran pada 3 SMA Negeri di kota Tidore Kepulauan, yaitu SMAN 5, SMA Negeri 8, dan SMA Negeri 4, yang semuanya tersebar di pesisir Oba kota Tidore Kepulauan. Ada tiga masalah utama yang akan diungkap dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana proses penyusunan perencanaan supervisi yang dilakukan pengawas untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru; kedua, Masalah yang dihadapi oleh kepala sekolah dan pengawas dalam melaksanakan supervisi; dan ketiga bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas untuk mengatasi kendala dalam kegiatan supervisi di tiga sekolah tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan supervisi yang dilaksanakan dengan pengawasan terprogram dan berkesinambungan oleh supervisor yang memahami tugas dan fungsinya dengan baik dapat meningkatkan mutu pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
References
Depdiknas. (2004). Kompetensi Kepala Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP) Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Djibat B. (2019). Pengembangan SMK Model di Maluku Utara. UMMU: Jurnal Pendidikan “Dodoto”. ISSN: Online
Memduhoglu, H. B. (2012). The Issue of Education supervision in Turkey in the Views of Teachers, Administrators, Supervisors and Lecturers. Educational Sciences: Theory & Practice, 12(1).
Memduhoglu, H. B., & Taymur, A. (2014). A Model Proposal Regarding to Reconstruction of Subsystem of Education Supervision in Turkey. Pegem Journal of Education & Instruction, 4(2).
Memduhoglu, H. B., & Zengin, M. (2012). Implementability of Instructional Supervision as a Contemporary Educational Supervision Model in Turkish Education System. Journal of Theoretical Educational Science, 5.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. Newbury Park, London: Sage Publications.
MoNE (2014). Regulation about the head of National Education, guidance and supervision. http://mevzuat.meb.gov.tr/html/maarifmuf_0/maarifmuf_1.html.
Munemo, E., & Tom, T. (2013). The Effectiveness of Supervision of Specialist Teachers in Special Schools and Resource Units in Mashonaland East and Harare Provinces (Zimbabwe), Greener Journal of Educational Research, 3(3).
Obiweluozor, N., Momoh, U., & Ogbonnaya, N. O. (2013). Supervision and Inspection for Effective Primary Education in Nigeria. Strategies for Improvement, Academic Research International.
Ozdemir, T. Y., Boydak Ozan, M., & Akgun, M. (2011). The issues that the teachers are satisfied and dissatisfied during the guidance and inspection process. 3. International Participatory Congress on Educational Supervision, Mersin.
Pajak, E. (2010). The history and future of instructional supervision in the United States. 2. International Participatory Congress on Educational Supervision, Dumlupinar University and Temsen, Kutahya.
Reynolds, D., Muijs, D., & Treharne, D. (2003). Teacher evaluation and teacher effectiveness in United Kingdom. Journal of Personal Evaluation in Education.
Saban, A. (2004). Entry level prospective classroom teachers’ metaphors about the concept of “teacher”. Journal of Turkish Educational Sciences.
Sagir, M. (2011). Educational leadership roles of primary school administrators and problems they face. Unpublished doctoral dissertation, Abant Izzet Baysal University, Institute of Social Sciences, Bolu.
Sahertian, P. A. (2008) Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.
Sa’ud, U. S. dan Makmun, A.S. (2007) Perencanaan Pendidikan Suatu
Schein, E. H. (2003) Prozessberatung fur die Organisation der Zukunft- [Gelecegin Orgutleri icin Surec Danismanligi]. Translated by Isabella Bruckmaier. (2nd ed.). Bergisch Gladbach: EHP Verlag.
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2002). Supervision: A redefinition (7th ed.). Mc Graw Hill: New York.
Silverman, D. (2004). Interpreting qualitative data: A guide to the principles of qualitative research (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Sullivan, S., & Glanz, J. (2000). Supervision that improves teaching: Strategies and techniques. California: Corwin Press Inc.
Taylor, S. J., & Bogdan, R. (1984). Introduction to qualitative research methods: The search for meaning (2nd ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.
Taymaz, H. (2002). Inspection in the education system: concepts, principles and methods. Pegem A Publications: Ankara.
Undang-Undang No. 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PB. Dharma Bhakti.
Waldman, D. A., & Atwater, L. E. (1998). The power of 360-degree feedback: How to Leverage performance evaluations for top productivity, TX Gulf: Houston Publishing Company.
Walker, A., & Dimmock, C. (2005). Developing leadership in context. In M. J. Coles & G. Southworth (Eds.), Developing leadership: Creating the schools of tomorrow. Berkshire: Open University Press.
Wahyusumidjo, (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yavuz, M., & Yildirim, A. (2010). Teachers’ views regarding selection and appointing of the primary school inspections. 1. International Participatory Congress on Educational Supervision, Ankara: TEM-SEN.
Yin, R. K. (2010). Qualitative research from start to finish. New York: Guilford Press.
Zepada, S. J. (2006). Supervision. In F. W. English (Ed.), Encyclopedia of educational leadership and administration (pp. 978-980), California: Sage.
