PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI PADA PESANTREN HIDAYATULLAH TERNATE

Authors

  • Hindra Sarifuddin

Keywords:

Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Arab, persamaan regresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peranan  media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi bahasa Arab Santri. yang dilakukan di pesantren Hidayatullah Kota Ternate.

 

Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari media pembelajaran(X1) terhadap prestasi belajar bahasa Arab (Y) yakni sebesar 25,8%. Hal ini berarti bahwa semakin baik penggunaan media pembelajaran maka semakin tinggi prestasi belajar bahasa Arab. Selain itu juga ditunjukan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar bahasa Arab (Y) yakni sebesar 83,6%. Hal ini berarti makin tinggi motivasi belajar siswa maka makin tinggi pula prestasi belajar bahasa Arab. ditunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar bahasa Arab (Y) yakni sebesar 84,1%.

Downloads

Published

2020-06-30