PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI PADA PESANTREN HIDAYATULLAH TERNATE

  • Hindra Sarifuddin
Keywords: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Arab, persamaan regresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peranan  media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi bahasa Arab Santri. yang dilakukan di pesantren Hidayatullah Kota Ternate.

 

Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari media pembelajaran(X1) terhadap prestasi belajar bahasa Arab (Y) yakni sebesar 25,8%. Hal ini berarti bahwa semakin baik penggunaan media pembelajaran maka semakin tinggi prestasi belajar bahasa Arab. Selain itu juga ditunjukan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar bahasa Arab (Y) yakni sebesar 83,6%. Hal ini berarti makin tinggi motivasi belajar siswa maka makin tinggi pula prestasi belajar bahasa Arab. ditunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar bahasa Arab (Y) yakni sebesar 84,1%.

References

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya (Cet. II, Yogyakarta ; Pustaka Pelajar, 2004)
Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: beberapa pkok pikiran, (Ujung Pandang; Fak. Tarbiyah, 1997).
Akrom Malibary L.A. S, et. al, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN (Jakarta: Proyek
Abd. Rauf A, A-Muqaddimah fi al-Nushus al-Adabiy (Ujung Pandang:
Fakultas Adab IAIN Alauddin 1982 M/ 1420 H).
Departemen Agama,
Hasan Ahmad Bahran al-Maduni, Majmuat Ashriyah al-Lugah al-Arabiyah (Surabaya: Dirasah al-Tsaqafah wal al-Natsri al-Tansi'I, t.th).
Hamzah. B. Uno., Profesi kepenendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2007,
Hartati Netti, Islam dan Psikilogi (Jakarta : PN Raja Wali Pers. 2004).
Khatibul Umam, et. all, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama IAIN, (Jakarta: Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama RI, 1975).
Muljanto Sumardi, Pengajaran bahasa Asing sebuah tinjauan dari segi metodologi, (Jakarta: Bulan Bintang, t. th).
Mahmud Kamil al-Naqah, Ta'lim al-luqah al-arabiyah li al-Natiqin bi luqat Ukhra ususu, madakhilu
M. Abdul Ghoffar E.M, Tafsir Ibn Katsir Jilid IV (Cet. I; Bogor: Pustaka
Ridwan, Metode & teknik Menyusun Tesis, (Bandung : Alfabeta,2009) .
Ulber Silalahi, Metode Penelitian Sosial, (cet. II, Bandung: penerbit Aditama,
Syuaikhul Islam Ahmad bin Halim bin Abdis Salam bin Taimiyah, Iqtidaus Shirati Mustaqim Limukhalafati Ashabil Jahim Jilid I (Cet. VI; Arab Saudi: Daar al-Asimah 1998).
Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:Raja Grafindo Persada 2007
Suharsim I Harikonto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Cet. XII; Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002).
Sayid Marhum Ahmad al-Hisyam, Jawahir al-Adab II, (Bairut:
Muassasat al-Ma'arif, t. th)
Published
2020-06-30