Kualitas Pelayanan e-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan

Authors

  • Sukur Suleman Suyatno Kahar Muhammadiyah University of North Maluku image/svg+xml

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, e-KTP

Abstract

Penelitian ini  diharapkan  menjadi sandaran untuk lahirnya kualitas pelayanan e-KTP yang cepat, tepat, akurat, efisien dan berkualitas dengan oreantasi kepada masyarakat tanpa diskriminatif, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada Disdukcapil sebagai bahan kajian dan evaluasi terkait penyelenggara pelayanan publik e-KTP di Kabupaten Halmahera Selatan secara khusus dan Maluku Utara pada umumnya

Penelitian ini juga bertujuan memahami, mengkaji dan mendeskripsikan hasil temuan terkait dengan kewenangan ombudsman dalam mengawasi kualitas pelayanan e-KTP pada dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan dengan waktu yang digunakan dalam penelitian ini selama delapan bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis yang dipakai adalah model Milles dan Huberman yakni, pengumpulkan data,  reduksi data, data display, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa kualitas pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Halmahera Selatan belum seutuhnya maksimal. Kondisi ini kemudian dapat dilihat dari beberapa aspek terpenting yang perlu diperhatikan dan diperbaiki, sebab sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada Disdukcapil Kabupaten Halmahera Selatan, yakni mulai dari kualitas SDMnya, sarana prasarana, letak georafis dan tentunya adalah perlunya kedisiplinan pegawai.

Downloads

Published

2019-02-28