Pengembangan Kapasitas Pengawas Pendidikan Di Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara

Authors

Keywords:

Pengembangan Kapasitas, Supervisi, Pengawas Sekolah, Halmahera Selatan

Abstract

Penelitian ini merupakan awal dari kegiatan pengembangan kapasitas bertahap untuk fungsi supervisi di tingkat pemerintah daerah kabupaten Halmahera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perwujudan kegiatan supervisi di kabupaten ini yang menurut Pemda Halmahera Selatan sudah tertata rapih sehingga peningkatan program pendidikan di wilayah ini dapat terlaksana dengan baik. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memperoleh bentuk kepengawasan dan supervisi yang baik dan tertata dari unsur-unsur kegiatan kepengawasan, yang dimulai dari unsur perwujudan luar yang sifatnya statis, sampai dengan unsur-unsur dinamis yang bersifat memperlancar kegiatan supervisi. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (R & D) untuk mengkaji dan mengembangkan model pengawasan pendidikan yang baik dari segi struktur, instrumen, dan teknis pelaksanaannya. Di akhir penelitian ini diharapkan dihasilkan tiga hal yaitu: (1) struktur organisasi kepengawasan; (2) instrumen pengawasan; dan (3) pedoman teknis pelaksanaan kepengawasan. Untuk tahap ini dikonsentrasikan pemotretan kepengawasan pendidikan di kabupaten Halmahera Selatan, sebagai landasan pijak pada penelitian berikutnya. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 10 (sepuluh) bulan, terhitung sejak bulan Maret 2019 sampai Januari 2020. Subjek penelitian ini melibatkan para pengawas, kepala sekolah, dan guru TK/SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA, SMK, di kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara.

Downloads

Published

2020-02-28