Pengembangan Kapasitas Pengawas Pendidikan Di Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara

  • Bakar Djibat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Pengembangan Kapasitas, Supervisi, Pengawas Sekolah, Halmahera Selatan

Abstract

Penelitian ini merupakan awal dari kegiatan pengembangan kapasitas bertahap untuk fungsi supervisi di tingkat pemerintah daerah kabupaten Halmahera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perwujudan kegiatan supervisi di kabupaten ini yang menurut Pemda Halmahera Selatan sudah tertata rapih sehingga peningkatan program pendidikan di wilayah ini dapat terlaksana dengan baik. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memperoleh bentuk kepengawasan dan supervisi yang baik dan tertata dari unsur-unsur kegiatan kepengawasan, yang dimulai dari unsur perwujudan luar yang sifatnya statis, sampai dengan unsur-unsur dinamis yang bersifat memperlancar kegiatan supervisi. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (R & D) untuk mengkaji dan mengembangkan model pengawasan pendidikan yang baik dari segi struktur, instrumen, dan teknis pelaksanaannya. Di akhir penelitian ini diharapkan dihasilkan tiga hal yaitu: (1) struktur organisasi kepengawasan; (2) instrumen pengawasan; dan (3) pedoman teknis pelaksanaan kepengawasan. Untuk tahap ini dikonsentrasikan pemotretan kepengawasan pendidikan di kabupaten Halmahera Selatan, sebagai landasan pijak pada penelitian berikutnya. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 10 (sepuluh) bulan, terhitung sejak bulan Maret 2019 sampai Januari 2020. Subjek penelitian ini melibatkan para pengawas, kepala sekolah, dan guru TK/SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA, SMK, di kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara.

References

Adolphina Mwesiga (Sr.) & Evans Ogoti Okendo. (2018). Effectiveness Of Heads Of Schools In Supervising Teachers’ Teaching Activities In Secondary Schools In Kagera Region, Tanzania. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM).
Ambarita, Biner, Paningkat S., & Sukarman, P. (2014). Development of academic supervision modelwhich based on educational management.International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR).
Andreas Schleicher. (2018). Director for Education and Skills. The Future of education and skills education 2030. OECD Learning Framework 2030
Burnham, J. (2018). Creating reflexive relationships between practices of systemic supervision and theories of learning and education. In Mirrors and Reflections(pp. 49-78). Routledge.
Creswell, J. W. (2012). Educational research.Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research.Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research.Thousand Oaks, CA: Sage Publications.Embo, M.,
Depdiknas. (2003). Pedoman Akreditasi Sekolah (TK, TKLB, SD, SDLB, SLTP, SLTPLB, SMU, SMK, dan SMLB).Jakarta: Badan Akreditasi Sekolah.
DIRECTORATE FOR EDUCATION AND SKILLS EDUCATION POLICY COMMITTEE. (2019). OECD Future of Education and Skills 2030: Curriculum analysis. Draft Change Management: Facilitating and Hindering Factors of Curriculum Implementation. 9th Informal Working Group (IWG) Meeting, 22-24 May 2019. Vancouver, British Columbia, Canada
Driessen, E., Valcke, M., & Van der Vleuten, C. P. (2015). Integrating learning assessment and supervision in a competency framework for clinical workplace education. Nurse Education Today.
Graham, C. M., & Edwards, M. C. (2018). Supervision of School-based, Agricultural Education: A Historical Review.Journal of Research in Technical Careers.
International Institute for Educational Planning. (2007). Supervision: a key component of a quality monitoring system Module 1. Reforming school supervision for quality improvement.(UNESCO) Paris.
Ismail, B. (2014). Supervisi akademik pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) (Studi multisitus pada UPTD Kecamatan Elar dan UPTD Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, (NTT).Tesis (Pasca Sarjana), Malang.Universitas Negeri Malang.
KepMendiknas Nomor 097/U2002 tentang Pedoman Pengawasan Pendidikan, Pembinaan Pemuda dan Pembinaan Olahraga.
K. M., Guest, G., &Namey, E. (2005). Qualitative research methods: a data collectors field guide.New York: Sage.
Maisah. (2013). Manajemen Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada Press Group.
Marshall, C., & Rossman, G. B. (1999). The “what” of the study: Building the conceptual framework. Designing Qualitative Research.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data Analysis: An expanded sourcebook. San Francisco, CA: Sage Publications, Inc.
Published
2020-02-28