Hubungan Empati dan Prososial pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Abstract
ABSTRACT
Feelings of empathy are very important for psychology students who relate to humans so that having empathy can improve prosocial in students. The approach in this study is a quantitative approach using a questionnaire instrument. The research instrument used an Empathy Questionnaire and a Prosocial Questionnaire with Cronbach's Alpha values 0.845 and 0.820. The technique of obtaining the research sample was using random sampling technique with a total sample of 32 students of the Psychology Study Program at the Muhammadiyah University of North Maluku. The analysis used is simple regression analysis. The results showed that empathy can affect the prosocial of students in the Psychology Study Program, University of Muhammadiyah North Maluku.
Keywords : empathy, prosocial, student
ABSTRAK
Perasaan empati sangat penting untuk mahasiswa Psikologi yang berhubungan dengan manusia sehingga dengan memiliki empati dapat meningkatkan prososial pada mahasiswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrumen angket. Instrumen penelitian ini menggunakan Angket Empati dan Angket Prososial dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0.845 dan 0.820. Teknik memperoleh sampel penelitian menggunakan random sampling tecnique dengan total sampel adalah 32 mahasiswa Program Studi Psikologi di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan empati dapat mempengaruhi prososial mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.
References
Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. (2010, Desember). Perilaku Prososial DiTinjau Dari Empati Dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, 1, 33-42.
Baron, R. A. & Byrne. D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2 Edisi Sepuluh. Jakarta: Erlangga.
Eisenberg, N. & Mussen, P.H., 1989, The Roots of Prosocial Behavior in Children, New York : Cambridge University Press Eisenberg, N., & Miller, P. A., 1987, The relation of empathy to prosocial and related behaviors, Psychological Bulletin, 101(1), 91-119.
Kau, M. A. (2010, September). Empati dan Perilaku Proosial Pada Anak. Jurnal INOVASI, 7, 1-5.
L. A. (1991). Psikologi sosial. Jilid 2. Alih Bahasa: Michael Adryanto. Jakarta: Erlangga.
Mappiare, A. (1983). Psikologi remaja. Surabaya; Usaha Nasional.
Memahami Sekilas Tentang Empati. Diakses pada oktober 30, 2022, dari https://dosen.ung.ac.id/JumadiTuasikal/home/2022/8/30/memahami-sekilas-tentang-empati.html.
Ni’mah, R. (2017). Hubungan Empati Dengan Perilaku Altruistik. Jurnal Keislaman IAI Sunan Giri Bojonegoro, 6(1).
Purnamasari, A., Ekowarni, E., Fadhila, A., (2004). Perbedaan intensi prososial siswa SMUN dan MAN di Yogyakarta. Humanitas Indonesian Psychological Journal. Vol. 1. No. 1 Januari: 32-42.
Saam, Zulfan. 2014. Psikologi Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sarwono, S. W. (2002). Psikologi sosial, individu dan teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Sobur, A. (2003). Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia.
Solekhah, A. M., Atikah, T. P., & Istiqomah, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Empati Terhadap Perilaku Prososial Pada Anak Sekolah Dasar. Diakses dari https://arsippgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2018/13_Anna_M_S_dkk_86-90.pdf.
Selomo, C.D., Suryanto., Santi, D.E. Perilaku prososial ditinjau dari pengaruh teman sebaya dengan empati sebagai variabel antara pada generasi Z. Jurnal riset dan konseptual. 5 (4), 646-660.
Stephan, C. W. dan Stephan, W. G. (1985). Two social psychological. Chicago: The Dorley Press.
Tiyas, E. N. (2017, Januari). Pengaruh Empati Terhadap Kepedulian Sosial. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.
Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi.