Strategi Komunikasi Pemasaran AR Wedding Planner Di Kota Ternate

Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Galuh Sitti Juniarti Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Wahyuni Bailussy Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Suyatno Kahar Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Komunikasi Pemasaran AR Wedding Planner Di Kota Ternate

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi komunikasi pemasaran dalam menjalin kerjasama dan membangun kepercayaan kepada konsumen, tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi dari AR wedding planner Ternate. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Integrated Marketing Communication (IMC) atau Teori Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Penelitian ini menggunakan tipe dan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, sedangkan analisis deskriptif dengan tahapan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Sedangkan konsep yang dipakai dalam penelitian ini yaitu menginformasikan, membujuk atau menawarkan, dan mengingatkan konsumen tentang penyedia jasa atau usaha yang ditawarkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR wedding planner Ternate telah melakukan strategi komunikasi dalam menjalankan usahanya, AR wedding planner Ternate melakukan cara khusus untuk memuaskan para konsumen dan mempertahankan kepercayaan dari konsumennya. Selain itu AR wedding planner juga melakukan strategi promosi di media sosial untuk tetap mempertahankan eksistensinya pada usaha wedding.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran AR wedding planner, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya, serta dalam meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen di Kota Ternate, dan mengetahui keunggulan pelayanan dan promosi yang di tawarkan oleh AR wedding planner.

Adapun rekomendasi yakni diharapkan kepada AR wedding Planner Ternate agar tetap mempertahankan strategi komunikasi agar jangan sampai ada yang memberikan keluhan, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

References

Buku
Adji Watono, A dan C. Watono, Maya. (2011). IMC (Integrated Marketing that sells).Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
A.Shimp.Terence. (2003). Periklanan Promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu) Jilid 1. Jakarta. Erlangga.
A.Shimp.Terence. (2004). Periklanan Promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu) Jilid 2. Jakarta. Erlangga.
E.Kennedy, John dan Soemanagara, R. Dermawan. (2020). Marketing Communication (Taktik dan Strategi). Jakarta. PT. Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
Morissan. (2014). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.
Nurdin, Ali. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal (Disertai Contoh Fenomena Praktis). Jakarta. Kencana A.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Suryanto, 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung. Pustaka Setia
Uchjana Effendi, Onong. (2016). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
W. Littlejohn, Stephen dan A. Foss, Karen. (2020). Teori Komunikasi (Theories of Human Communication). Jakarta. Salemba Humanika.
Sumber Lain
Amalia. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Event Organizer Silent Studio Medan Dalam Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan. https://www.repository.uma.ac.id/bistsream/pdf//
Anonim, 2022. Konsep Baruran Pemasaran (Marketing Mix). https://jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/konsep-bauran-pemasaran-marketing-mix.html.
Sari, Diaz. Strategi Pemasaran Markem Wedding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Calon Konsumen Di Kota Pekanbaru. https://www.repository.uir.ac.id/pdf/..
Simabur. Lisda Ariani. (2022). Branding “Tara La No Ate Pada Indonesia Creative Cities Festival.(ICCF). https://ejournal.sarimutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1819.
Riadi, Muchlisin. (2018, 21 November). Pengertian, Bauran dan Strategi Komunikasi Pemasaran. Diperoleh 19 Mei 2022,dari https://www.kajianpustaka.com/2018/11/pengertian-bauran-dan-strategi-komunikasi-pemasaran-html.
Tri Pamungkas. Fajar. (2021). Integrated Marketing Communication (IMC). https://repository.ump.ac.id/7728/FAJAR%TRI%20PAMUNGKAS_BAB%20II.pdf.
Yupitriani. (2021, 5 Januari). Perencanaan Pernikahan Wedding Planner. Diperoleh 23 Mei 2022, dari https://www.campus.quipper.com/careers/perencanaan-
Published
2023-03-02