Strategi Komunikasi Pemasaran AR Wedding Planner Di Kota Ternate
Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords:
Komunikasi Pemasaran AR Wedding Planner Di Kota TernateAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi komunikasi pemasaran dalam menjalin kerjasama dan membangun kepercayaan kepada konsumen, tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi dari AR wedding planner Ternate. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Integrated Marketing Communication (IMC) atau Teori Komunikasi Pemasaran Terpadu.
Penelitian ini menggunakan tipe dan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, sedangkan analisis deskriptif dengan tahapan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Sedangkan konsep yang dipakai dalam penelitian ini yaitu menginformasikan, membujuk atau menawarkan, dan mengingatkan konsumen tentang penyedia jasa atau usaha yang ditawarkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR wedding planner Ternate telah melakukan strategi komunikasi dalam menjalankan usahanya, AR wedding planner Ternate melakukan cara khusus untuk memuaskan para konsumen dan mempertahankan kepercayaan dari konsumennya. Selain itu AR wedding planner juga melakukan strategi promosi di media sosial untuk tetap mempertahankan eksistensinya pada usaha wedding.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran AR wedding planner, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya, serta dalam meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen di Kota Ternate, dan mengetahui keunggulan pelayanan dan promosi yang di tawarkan oleh AR wedding planner.
Adapun rekomendasi yakni diharapkan kepada AR wedding Planner Ternate agar tetap mempertahankan strategi komunikasi agar jangan sampai ada yang memberikan keluhan, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen.