KONSEP DIRI PARA ANAK ASUH YANG BERUSIA REMAJA DI PANTI ASUHAN BUDI SENTOSA DAN RUMAH SEJAHTERA

Psikologi FISIP Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Syaiful Bahry Dosen Psikologi FISIP Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Konsep Diri Anak Asuh Usia Remaja, Panti Asuhan Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri  remaja di panti asuhan Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengukur konsep diri anak asuh pada usia remaja. Subjek dari penelitian ini adalah remaja dengan usia 13-18 tahun di Panti Asuhan Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera Kota Ternate. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala konsep diri remaja.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsep diri para anak asuh yang berusia remaja panti asuhan Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera tahun 2022 dari jumlah populasi yaitu semanyak 67 responden, kategori tinggi dengan jumlah remaja yang memiliki konsep diri tinggi adalah 57 orang dengan presentase persen adalah 85.1 %, sedangkan pada kategori sedang hanya 10 orang dengan presentase 14.9 % dan pada kategori rendah tidak ada remaja yang memiliki konsep diri yang rendah dengan presentase 0 %. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa Konsep diri remaja di Panti Asuhan Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera yang memiliki konsep diri positif.

References

Azwar, Saifuddin. 1999. Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Burns, B.R. 1993. Konsep Diri : Teori, Pengukuran, Pengembangan dan Perilaku. Jakarta : Arcan.
Elkins. D.P.E. 1979. Self Concept Sourcebook. USA, New York : Princenton.
Furchan, Arief. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Gunawan, Adi W. 2003. Born to be a Genius. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Hardjana. Terj. 1993. Mengapa Rendah Diri? Yogyakarta : Kanisius
Himpunan peraturan dan perundang-undangan tentang perlindungan. (2002). Jakarta : Derektorat Jendral Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak, Departemen Sosial RI
Hurlock, B. Elizabeth. 1990. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Hurlock, E. B. 1973. Adolescent Development. McGraw-Hill Inc. Hurlock, E.B. 1989. Perkembangan Anak : Jilid 2. Jakarta : Erlangga. Kartono, Kartini. 1990. Psikologi anak. Bandung : Mandar Maju
Pudjijogyanti, Clara. 1995. Konsep Diri dalam Pendidikan. Jakarta : Archan
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sinurat. 2004. Konsep Diri dan Pengembangannya. Yogyakarta : USD. Surakhmad, Winarno. 1980. Psikologi Pemuda. Bandung : Jemmars.
Winkel W.S. & Sri Hastutui M.M. 2004 Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi
Published
2022-10-01