PERBEDAAN EMPATI PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA

Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Authors

  • Nurulsani S Abd Latief Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Syaiful Bahry Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Magfirawati Hamid Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Nuraini Indira Wahid Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Damayanti A. Sangaji Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Surna Surahmi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • M. Fahmi I. Usman Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Sri Maulidiyah S. Teapon Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Adinda Aisyah N. Lanoni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Keywords:

: empathy, self-development training, students

Abstract

Pelatihan Pengembangan diri sangat penting dalam meningkatkan empati pada mahasiswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan komparatif dengan metode survey dan instrumen angket. Instrumen penelitian ini menggunakan Angket Empati dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0.769. Teknik memperoleh sampel penelitian menggunakan Disproportionate Stratified Random Sampling dengan total sampel adalah 50 responden dan mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Analisis yang digunakan adalah uji beda. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan empati antara mahasiswa yang mengikuti dan tidak mengikuti pelatihan pengembangan diri.

Downloads

Published

2023-02-10