Dramatisme Politik Abdul Gani Kasuba (AGK) pada Calon Gubernur Maluku Utara 2018

Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Suyatno Kahar Dosen Prodi Komunikasi Univresitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Rijali Daud Mahasiswa Prodi Komunikasi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Abstract

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur didalamnya terselip harapan bisa memenangkan pemilihan, tentunya membutuhkan kerja keras dan strategi yang matang untuk menang dalam pemilihan tersebut. Dramatisme Politik Abdul Gani Kasuba yang berpasangan  dengan M. Al Yasin Ali sebagai Pasangan Calon Gubernur Provinsi Maluku Utara 2018 merupakan suatu realitas politik yang sangat mengejutkan kepada masyarakat Maluku utara pada saat itu.   Sebagian besar public Maluku utara menganggap Abdul Gani Kasuba tidak mampu lagi untuk bersaing dengan calon gubernur yang lain. Sebab banyak penduduknya beralih dukungan kepada calon lain. Namun semua itu ternyata seorang Abdul Gani Kasuba sebagai petahana telah membuktikan bahwa ia sebagai pemenang sebagai Pemilihan Gubernur Maluku Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana Dramatisme Politik Abdul Gani Kasuba pada Calon Gubernur Maluku Utara 2018. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui Dramatisme Politik Abdul Gani Kasuba pada Calon Gubernur Maluku Utara 2018.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dalam pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa drama dalam strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh   KH. Abdul Gani Kasuba sebagai Calon Gubernur Maluku Utara adalah  1). komunikasi melalui pendekatan budaya masing-masing daerah. 2). Melakukan komunikasi dengan tokoh-tokoh Agama dan Tokoh-tokoh politik yang ada di Maluku Utara dengan pendekatan komunikasi persuasif sebagai bentuk galang dukungan. 3). Komunikasi yang dilakukannya menggunakan  pendekatan  dakwah dengan metode apa adanya.

 

 

References

Daftar Pustaka

Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Partai Politik. PT (Persero) Penerbit dan Percetakan Balai Pustaka, Jakarta.

Andrianto dan Zain. 2008. Strategi Komunikasi Politik: memahami teori dan praktis: Bandung.

Budiarjo, Miriam 2010. Dasar-Dasar Ilmu Politik. PT Gramedia Pustaka Utara, Jakarta.

Butler dan Collins 2001. Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cangara, hafied. 2009. Komunikasi politik. Rajawali Pers.PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Cangara, Hafied. 2014. Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi.Rajawali Pers.PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta.

Effendi, Onong Uchjana. 2003. Dimensi-dimensi Komunikasi. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Effendi, Onong Uchjana. 1995. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Firmanzah. 2010. Persaingan, legitimasi kekuasaan, dan marketing politik: pembelajaran politik 2009. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Firmanzah. 2008. Marketing Politik. Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: YayasanObor Indonesia.
Nimmo, Dan. 2004. Komunikasi politik: komunikator dan pesan politik, Remaja Karya, Bandung.

Nursal, Adman. 2004. Political Marketing. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wasesa, Silih Agung. 2011. Political Branding& Public Relations: saatnya kampanye sehat, hemat dan bermartabat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sumber Lain
A. Lesang, Safrudin. 2016. Skripsi: Strategi Kampanye Partai Golkar Dalam Kemenangan Pemilu Legislatif Tahun 2009 Kabupaten Pulau Morotai (Studi Komunikasi Politik). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara Ternate.

Badu, Rivandi. 2019. Skripsi: Strategi PDI-Perjuangan dalam memenangkan Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali dalam Pilgub Maluku Utara tahun 2018 di kota Tidore Kepulauan. Program Studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Ternate
Published
2021-02-01