ANALISIS WACANA DAN KONSTRUKSI SOSIAL IKLAN PARTAI PERINDO DI TELEVISI

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, UMMU Ternate

Authors

  • Suyatno Kahar UMMU
  • Lisda A Simabur UMMU

Keywords:

Wacana, Konstruksi Sosial, Iklan Politik, Partai Perindo, Media Televisi

Abstract

Abstrak
Iklan politik Mars partai Perindo telah ramai di berbagai media televisi. Dalam
iklan tersebut, tentu menampilkan teks yang berisikan wacana politik dengan
tujuan mempengaruhi publik dalam rangka membangun citra politik.
Permasalahanya adalah bagaimana isi wacana dalam teks iklan politik mars
Partai Perindo tersebut dan konstruksi sosial iklan Politik Mars partai Perindo
di televise.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan metode analisis wacana model Van Djik. Adapun analisis
konstruksi sosial, yang dilakukan dalam penelitian ini berdasarkan
pandangan, persepsi, pemaknaan dan atau konstruksi masyarakat terhadap
teks iklan politik Mars partai Perindo.
Hasil penelitian diperoleh bahwa Wacana yang ditampilkan sangat normative,
namun berhasil mengkonstruk paradigma masyarakat karena berdasarkan
hasil survey, Partai Perindo mengajak untuk bergabung dalam menjayakan
Indonesia.

Downloads

Published

2017-10-04