Kebijakan Pengelolaan Sampah
Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.52046/jssh.v1i2.952Keywords:
Kebijakan, Pengelolaan, SampahAbstract
Sampah, sebagai salah satu permasalahan di Kota Ternate seolah membuat Pemerintah Kota tak berdaya. Setiap tahun, volume sampah terus bergerak. Dari 60-70 ton naik 100 ton perhari. Minimnya armada pengangkut menjadi juga menjadi masalah, sampah tidak terangkut dengan baik. Padahal ada perda nomor 1 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah yang memberi ruang pemerintah dan masyarakat mengelola sampah. Metode penelitian menggunakan deskrpitif kualitatif dengan memanfaatkan sumber data primwer dan sekunder. Bahwa pengelolaan sampah tidak hanya menjadi beban pemerintah, tapi juga partisipasi warga. Karena kebijakan baru akan dilaksanakan, maka dampak kebijakan belum bisa dievaluasi apakah berhasil atau tidak. Perda nomor 1 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah selama ini tidak diketahui oleh masyarakat kota Ternate. Dengan demikian Perda ini harus terus disosialisasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan demikian ada pelibatan masyarakat didalamnya. 1. Perlunya membentuk satgas sampah di setiap kelurahan, yang tugasnya setiap saat melakukan patroli, membuat laporan harian dan mengecek kali mati (barangka). Sebaiknya satgas sampah ini tidak dipublikasikan sehingga keberadaannya tidak diketahui warga, sehingga dia leluasa melakukan tugasnya. Perlunya saling awasi antar warga, agar mereka tak lagi membuang sampah di kali mati. DLH juga membangun kerjasama dengan pihak perguruan tinggi di Kota Ternate Kerjasama ini juga sebagai upaya mendorong kampus untuk membuat inovasi pengelolaan sampah.
References
Abdullah, Awan dan Rusfiana,Yudi, 2016, Teori dan Analisis Kebijakan Publik, Bandung, Alvabeta.
Agustino, Leo,2008, Dasar-Dasar Kebijakan Publik , Bandung, Afabeta .
Azwar, Asrul, 1990. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Cetakan Kelima, Jakarta, PT. Mutiara Sumber Widya.
Artiningsih, Ni Komang Ayu, 2008 Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Studi kasus di Sampangan dan Jomblang, Kota Semarang, Tesis S2.
Budiardjo,Miriam,2013, Dasar-Dasar Ilmu Politik Edisi Revisi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Gelbert, M., dkk., 1996, Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan “Wall Chartâ€. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup, Malang: PPPGT/VEDC.
Islamy, Irfan, 2009, Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan Negara, Bumi Aksara.
Kodoatie, Robert J. 2012. “Tata Ruang Air Tanahâ€. Yogjakarta, Andi Offset
Undang - Undang Nomor 18 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah
Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Ternate
Purwaningsih, Dwi Wahyu, 2014, Pengelolaan Sampah di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, Tesis S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat UGM, tidak dipublikasikan.
Sucipto, Dani, 2012, Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah, Yogyakarta, Gosyen Publishing.
Suryani, Anih Sri, 2014, Peran Bank Sampah dalam Evektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang), Jakarta, Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi DPR RI.
Sumartini, Siti, 2017, Sinergisitas Peraturan Daerah (PERDA) Sebagai Kebijakan Dalam Mewujudkan Pembangunan Kepariwisataan Daerah Dalam Tinjauan Hukum, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for paper Unisbank ke-3, Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu.
Utami, Eka. 2013. Buku Panduan Sistem Bank Sampah dan 10 Kisah Sukses. Jakarta, Yayasan Unilever Indonesia.
Widodo,Joko,2007, Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik, Malang ,Banyu Media Publising.
Darmawan, Ivan, 2020, Peningkatan Kesadaran akan Pengelolaan Sampah di Desa Cinta Mulya Melalui Workshop Integratif dan Kreatif. dalam https://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/26624 vol 9, No.4.
Thomson, Siahaan, dkk, 2013, Analisis Sistem Pengelolaan Sampah dan Perilaku Pedagang di pasar Horas Kota, dalam jurnal https://media.neliti.com/media/publications/14473-ID-analisa-sistem-pengelolaan-sampah-dan-perilaku-pedagang-di-pasar-horas-kota-pema.pdf.
Eko Enzym Pengolahan Sederhana Sampah Rumah Tangga Hasilkan Cairan Serbaguna https://www.menlhk.go.id/site/single_post/3998/eko-enzim-pengolahan-sederhana-sampah-rumah-tangga-hasilkan-cairan-serbaguna.
Ombudsman Malut nilai Pemkot Ternate Gagal Tangani Sampah dalam https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwk--ombudsman-malut-nilai-pemkot-ternate-gagal-tangani-sampah (diakses pada 23 Desember 2021).
Perairan Kota Ternate Dikepung Sampah dalam https://kumparan.com/ceritamalukuutara/perairan-kota-ternate-dikepung-sampah-1550586486144697463 (diakses pada 23 Desember 2019)
Ternate Hasilkan 80 Ton Sampah Dalam Sehari dalam https://kumparan.com/ceritamalukuutara/ternate-hasilkan-80-ton-sampah-dalam-sehari-1550600095506776554 (diakses pada 23 Desember 2021).
Walikota Ternate Launching Bank Sampah Andalan http://beritamalut.co/2021/12/26/wali-kota-ternate-launching-bank-sampah-andalan-gerakan-sampah-jadi-rupiah/ (diakses pada 27 Desember 2021).
Warga Kota Ternate Sumbang 100 Ton Sampah Per Hari dalam https://www.tandaseru.com/2020/09/28/warga-kota-ternate-sumbang-100-ton-sampah-per-hari/ (Diakses pada 23 Desember 2021