Model Pengembangan Pariwisata Sebagai Potensi Unggulan

(Studi di Desa Waiipa Kecamatan Sanana)

Authors

  • Iwan Duwila Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Keywords:

Pengembangan pariwisata, Potensi unggulan, Pariwisata, Waiipa

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di desa Waiipa Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, dengan tujuan untuk memahami dan menggambarkan Strategi Pemerintah Desa dalam pengembangan Kawasan Parawisata di Desa Waiipa Kecamatan Sanana dengan metode deskriptif. Hasil penelitian di dapat bahwa bila dilihat dari objek daya dari wisata, maka lokasi wisata Pantai Desa Waiipa tidak lagi seindah pemandangannya seperi dahulu. Kondisi alamnya telah berubah ketika terjadi abrasi sedikit demi sedikit. suasana ini dibuktikan dengan berkurangnya jumlah pengunjung yang sering datang di lokasi wisata, sedngkan bila dilihat dari akses transportasi menuju lokasi wisata Pantai desa Waiipa tidaklah menjadi masalah, namun yang menjadi kendala saat ini adalah masalah fasilitas pendukung seperti MCK maupun penyediaan air bersih yang perlu dipikirkan, sebab sampai saat ini belum ada penyediaan MCK dan air bersih untuk kebutuhan pengunjung.

Author Biography

Iwan Duwila, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Ternate, Indonesia

References

Chander Alfred, 1962 Strategy and Structure Chapters imThe History of The Inductrial Enterprise, Cambridge Mass, MIT Press.

Damanik, Phil Janianton. 2013. Pariwisata Indonesia: Antara Peluang dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadiwijoyo, Suryo Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Pedesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ismail HM, dkk, 2010, Munuju Pelayanan Prima (Konsep dan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Averoes Press, Malang.

Kristiningrum, Nur Dwi. 2014. Heritage Tourism dan Creative Tourism : Eksistensi Pasar Seni (Central market) di Malaysia sebagai salah satu pasar bersejarah. Jurnal Hubungan Internasional tahun VII, No.1 Januari-Juni 2014 (Diakses 2 Februari 2016, pukul 17.39 WIB).

Pasolong Harbani, 2008, Teori Administrasi Publik, Alberta, Bandung.

Ratminto, Winarsih Septi Atik, 2009, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sedarmayanti, 2014, Manajemen Strategi, PT. Refika Aditama, Bandung.

Sinambela,Lijan Poltak, dkk, 2006, Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Gava Media.

Suwena, I Ketut & Widyatmaja, I Gst Ngr. 2010. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Bali : Udayana University Press.

Tjiptono Fendy, 1996, Manajemen Jasa, Andi, Yogyakara.

Warella, Y, 2004, Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik, Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik, MAP UNIDP, Semarang.

Undang-undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Downloads

Published

29-12-2021