Penerapan Metode Analytical Network Process (ANP) Penentuan Kenaikan Pangkat di Kantor Basarnas Ternate Maluku Utara

  • Mustamin Hamid Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Junaidi Noh Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Alfanugrah A. Hi Usman
Keywords: Kenaikan Pangkat, ANP, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Dalam menentukan kinerja dari setiap pegawai, setiap perusahaan/organisasi perlu adanya evaluasi secara formal atau menyeluruh agar karena prestasi dan kinerja pegawai tidak secara adil dapat dinilai jika tidak dilakukan secara formal. Untuk itu Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah system yang dapat memudahkan dalam menentukan kenaikan pangkat di kantor Basarnas Kota Ternate.. Dimana sistem ini akan dijalankan pada instansi yang memiliki jumlah pegawai yang relatif cukup besar sehingga diharapkan dapat menghasilkan solusi pilihan dari problem yang sedang dihadapi. Sistem yang dibuat akan lebih bersifat untuk membantu instansi dalam pengambilan keputusan dan bukan menggantikannya. Penerapan metode Analytical Network Process dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang optimal. Decision Support System digunakan beberapa orang sebagai sebuah istilah khusus dimana kadang kadang digunakan sebagai suatu istilah umum untuk menggambarkan semua sistem terkomputerisasi yang mendukung pengambilan keputusan pada suatu organisasi.

Author Biographies

Mustamin Hamid, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Univ. Muhammadiyah Maluku Utara, Kota Ternate-Indonesia

Junaidi Noh, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Univ. Muhammadiyah Maluku Utara, Kota Ternate-Indonesia

Alfanugrah A. Hi Usman

Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Univ. Khairun Ternate, Kota Ternate, Indonesia

References

V.M.Eduardo Cristian S. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan pada PT Bank Central Asia Tbk. (BCA). Menggunakan Metode Analytical Heararchy Process. Teknik Informatika. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Nur Angga Adhitya Pratamaputra, Nur Aeni Hidayah, Bayu Waspodo. 2010. Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan dengan Model AHP Pada Biro Kepegawaian di Sekretariat Negara Republik Indonesia. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi.

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Turban, Efraim; Aronson, Jay E. Dan Liang, Ting-Peng. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. Andi : Yogjakarta.

Kusrini.2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi : Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2014. Konsep Basis Data. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tim Ems, 2014, Microsoft Access Untuk Pemula, Jakarta.
Published
2021-12-07