EFEKTIFITAS PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DALAM MELAYANI PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS DESA MADAPOLO KECAMATAN OBI UTARA

Prodi Ilmu Pemerintahan

  • Bakri La Suhu Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMMU
  • Agun Muhammad Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMMU
Keywords: Efektivitas, Pelayanan dan Kesehatan Gratis

Abstract

          Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui efektifitas pelayanan kesehatan gratis dalam melayani pasien rawat jalan di puskesmas desa Madapolo Kecamatan Obi Utara. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bisa dipahami sebagai serangkaian prosedur yang digunakan dalam pemecahan masalah yang diselidiki/diteliti dengan menggambarkan keadaan obyek-obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada. Adapun sumber data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dokumen dan bantuan data sekunder.

          Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan kesehatan gratis dalam melayani pasien rawat jalan di Puskesmas Madapolo Kecamatan Obi Utara Kabupaten Halmahera Selatan masih dinilai belum efektif. Hal ini dapat dilihat dari berbagai indikator efektifitas yang belum terpenuhi, terutama kepastian pelaksanaan pelayanan untuk pasien rawat jalan yang waktu kontrol terhadap pasien rawat jalan sama sekali belum sesuai harapan para pasien, karena pihak puskesmas/dokter jarang mengunjungi pasien untuk melakukan pelayanan dan bahkan harus pihak keluarga yang datang langsung ke puskesmas untuk memberitahu kapan pasien dikontrol lagi, belum memadainya sumber daya manusia (SDM) tentang tingkat profesional tenaga medis (khususnya tenaga dokter, bidan dan perawat), serta minimnya sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di Puskesmas Madapolo. Sedangkan dari aspek keterbukaan informasi kesehatan masih belum berjalan dengan efektif karena faktor rentang kendali antar desa dengan pusat puskesmas yang ada di kecamatan dan faktor kondisi iklim/cuaca yang sering pengalami pancaroba, serta prosedur pelayanan kesehatan dinilai cukup baik namun perlu untuk diatur sesederhana mungkin sehingga alur pelayanan tidak berbelit-belit dan membingunkan para pasien yang datang berkunjung di puskesmas Madapolo.

References

AR, Mustopadidjaja, Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Negara, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta, 2003
Azwar, Azrul H. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Depkes RI, 1999. Rencana Pembangunan Kesehatan Menuju Indonesia Sehat 2010. Jakarta
Deni Saiful, 2005, ”Dinamika Birokrasi Pelayanan Publik” Grafik Indah, Yogyakarta
Hardjosoekarto Sudarsono, ”Beberapa Perspektif Pelayanan Prima, Bisnis dan Birokrasi, (Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Nomor 3/Volume II/September 1994, Universitas Indonesia. 1994)
Handoko T. Hani, 1999. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua, BPFE Yogjakarta.
Irfan M., ”Reformasi Pelayanan Publik, Makalah Pelatihan Strategi Pembangunan Sumber Manusia Aparatur Pemerintah Daerah dalam Era Globalisasi”, (Cet; Bumi Aksara, Jakarta, 1999)
IBRAHIM, Abdul Halil H., et al. Potret Buram Pemerintahan Politik Birokrasi, Pelayanan Publik, Inovasi dan Konflik. 2022.
Jacobalis, S. 1995. Liberalisasi Bisnis Jasa Kesehatan dan Dampaknya Bagi Rumah Sakit Indonesia. Jakarta: IRSJAM XXXVII.
Kotler, Philip. 1997. Service Quality, diindonesiakan oleh Ancella Aniwati Hermawan, Salemba Empat : Prentice Hall Edisi Indonesia.
LA SUHU, Bakri, et al. Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Logistik Pasca Bencana Pada Kantor BPPD Kabupaten Halmahera Selatan. Journal of Government Science Studies, 2023, 2.2: 110-123.
LA SUHU, Bakri, et al. Persepsi Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Pasca Pemekaran Di Kecamatan Pulau Mangoli Tengah Kabupaten Kepulauan Sula. Jurnal Government Of Archipelago-Jgoa, 2021, 2.2: 1-9.
LA SUHU, Bakri. Kebijakan Publik. 2023.
Maarif Syamsul, 2003, “Strategi Peningkatan Kompetensi Aparatur Guna Mengantisipasi Kebutuhan Sektor Pelayanan Publik”, (Orasi Ilmiah Wisuda XXII/ 2003 STIA LAN), Bandung
Miftah, Ensiklopedi Administrasi, (Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1989)
Moleong J. Lexy, 2001. Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung
Moenir, H.AS, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, (Cetakan III, Bumi Aksara, Jakarta. 1998)
Nasution, Strategi Administrasi dan Pemerataan Akses pada Pelayanan Publik Indonesia, (Laporan Hasil Penelitian, Fisipol UGM, Yogyakarta, 1993)
Sanapiah, Faisal, Format-Format Penelitian Sosial, PT. Rajawali Pres Jakarta, 2001
Siagian P. Sondang ”Teori Pengembangan Organisasi”, (Cet ; 3, Bumi Aksara, Jakarta, 1995)
Steers M. Richard, 1985, Efektivitas Organisasi Kaidah Perilaku. Jakarta: Erlangga
_______________2006, “Spirit is Transforming The Public Sector, Rending Mass: Addison-Wesley”. (Terjemahan).
Suyatno Bagong, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, Toeri dan Praktek, Grafika, Jakarta
Widjaja, “Pelayanan Publik”, (Cet; 1, Yogyakarta, Cindelaras, Pustaka Rakyat Cerdas, 2007)
William B. Martin, 1991 Pelayanan Pelanggan yang Bermutu, (Alih Bahasa FX. Budiandto). Bina Pura, Jakarta
Published
2024-03-05
How to Cite
Suhu, B., & Muhammad, A. (2024). EFEKTIFITAS PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DALAM MELAYANI PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS DESA MADAPOLO KECAMATAN OBI UTARA. JURNAL GOVERNMENT OF ARCHIPELAGO - JGOA, 6(1), 37-44. Retrieved from https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/jgoa/article/view/1997