EFEKTIFITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP TERHADAP MASYARAKAT (Studi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Ternate Tahun 2022)

Dosen Ilmu Pemerintahan

  • Rasid Pora Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Sahrul Pora Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Raoda M. Djae Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Firjayanti Ucen Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Efektifitas, Pelayanan Publik, E-KTP

Abstract

 

Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Penyelenggaraan pemerintahan dikatakan baik apabila pelayanan publik yang diberikan berorientasi pada kepentingan masyarakat. Pelayanan publik dapat dikategorikan efektif apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat dan memuaskan. Keberhasilan meningkatkan efektifitas pelayanan publik ditentukan oleh faktor standar pelayanan yang dimiliki oleh penyelenggara pelayanan publik itu sendiri.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Pertama: Kinerja Aparatur Sipil Negara di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil pada tahun 2022 dinilai sudah sangat efektif dalam memberikan pelayanan pembuatan E-KTP terhadap masyarakat. Hal tersebut terlihat dari kinerja mereka dalam memberikan pelayan kepada masyakat dengan sangat baik sehingga masyarakat mendapatkan kenyamanan pada saat melakukan pembuatan E-KTP. Apalagi didukung dengan sistem online sebagai inovasi pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kota Ternate dalam pembuatan E-KTP. Dengan menggunakan sitem tersebut maka tentunya bisa bemberikan kemudahan kepada setiap masyarakat yang ingin membuat KTP karena pelayanan yang diberikan akan menjadi lebih mudah, murah dan efektif.  Kedua: Belum terdapat faktor-faktor yang sangat berarti yang menyebabkan pelayanan menjadi tidak efektif. Argumentasi tersebut didasarkan pada keterangan yang telah disampaikan oleh seruruh informan, baik perwakilan dari Dukcapil Kota ternate maupun masyarakat sebagai pemohon pembuatan E-KTP. Hal tersebut bisa terjadi karena segala fasilitas pelayanan yang tersedia dianggap sudah snagat memadai dalam mendukung peleyanan pembuatan E-KTP. Sehingga yang ada hanyalah faktor-faktor pendukung dalam pelayanan yang terlihat.

References

Ahdhan, R. D. (2014). IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASER. 2, 15.
Astuti, R. (2020). Penerapan Good Governance Dalam Pelayanan E-KTP Pada Kantor Kecamatan Samarinda Ilir. 1, 5.
Bonde, S., Potabuga, J., & Singkoh, F. (2017). KINERJA APARAT DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PELAYANAN E-KTP DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN.
Ervany, C. D., & Romi, M. N. (2018). PELAYANAN PUBLIK DALAM PROGRAM E-KTP DI TINGKAT PEMERINTAHAN DESA. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(1), 5.
Fitrah, N., & Karmila, K. (2021). EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN POLEWALI MANDAR. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya)?: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.35329/mitzal.v5i2.1856
Haq, S., Suharsono, A., & Kalimantan, J. (2014). Kualitas Pelayanan Pubik Dalam Pembuatan e-KTP Pada Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. 8.
Hulahi, E., Pribadi, U., Rasyid, S. B. A., Pora, S., & Sari, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-KTP Terhadap Kepuasaan Masyarakat Di Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 7(1), 5671. https://doi.org/10.25077/jakp.7.1.56-71.2022
Ismail Nawawi. 2015. Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Kinerja, Edisi Pertama, Penerbit Prenadamedia Group Jakarta
Irsan. 2012. Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Simpur di Bandar Lampung. Tesis. Universitas Lampung, Bandar Lampung
Kadarisman, M. (2019). EFEKTIFITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI DI KOTA DEPOK. 16.

Lewis, Carol W. & Stuart C. Gilman. 2005. The Ethics Challenge in Public Service: A Problem-Solving Guide. Market Street, San Fransisco: Jossey-Bass

Lexy J. Moleong, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Moenir, H.A.S, 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Akasara

Notoatmojo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rieneka Cipta.

Pora, R., Pora, S., Talib, N., Djae, R. M., & Sumtaki, P. (2023). IMPLEMENTASI FUNGSI PENGAWASAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TERNATE. Jurnal Government of Archipelago, 5(1).

Rasyid, Ryaas, 1998. Makna Pemerintahan: Tinjauan Dari Segi Etika dan Kepemimpinan, Jakarta. Yarif Watampone

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan, dan keagamaan. Bali: NILACAKRALA.
Tika, Moh. Pabundu. (2006). Budaya Organisasi dan peningkatan kinerja perusahaan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Published
2023-09-08
How to Cite
Pora, R., Pora, S., Djae, R., & Ucen, F. (2023). EFEKTIFITAS KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP TERHADAP MASYARAKAT (Studi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Ternate Tahun 2022). JURNAL GOVERNMENT OF ARCHIPELAGO - JGOA, 5(2), 1-13. https://doi.org/10.52046/jgoa.v5i2.1710