PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD GMIH PITU PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 SUMBER ENERGI
Dosen PGSD Universitas Hein Namotemo Tobelo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD GMIH Pitu pada tema 2 sub tema 1 sumber energi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 16 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes hasil belajar siswa serta lembar observasi guru dan siswa.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, maka hasil aktivitas guru yang diperoleh pada siklus pertama sebesar 56,81%, aktivitas siswa sebesar 56,64% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang siswa atau 62,50%. Pada siklus II, data yang diperoleh aktivitas guru meningkat menjadi 68,18%, aktivitas siswa meningkat menjadi 71,56% dan jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 12 orang siswa atau 75,00%. Dengan demikian, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 4 SD GMIH Pitu pada tema 2 sub tema 1 sumber energi.