MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE EJA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI SIRONGO-FOLARAHA KOTA TIDORE KEPULAUAN
Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Abstract
Penelitian tindakan kelas Terdiri dari beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yang meningkatakan kemampuan membaca permulan melalui metode eja yang dilaksanakan di SD Negeri Sirongo-Folaraha Kota Tidore Kepulauan, melibatkan 35 siswa terdiri dari 15 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki yang terdaftar pada tahun ajaran 2019-2020 menggunakan desain penilitian Kemmis dan Mc.Tanggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus di laksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, opserfasi, dan refleksi.
Hasil penilitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I di peroleh rata-rata kemampuan siswa membaca permulaan mencapai 66% dan kemampuan siswa membaca secara klasikal 54%. Pada tindakan siklus II terjadi peningkatan daya serap kemampuan membaca permulaan mencapai 2.181% sedangkan kemampuan membaca secara klasikal 95%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode Eja dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Sirongo-Folaraha Kota Tidore Kepulauan.