UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI DONGENG DITUNJUKKAN DALAM GAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA TERNATE

Mahsiswa Dan Dosen PGSD FIP – UMMU

Authors

  • Nur Masida Mahsiswa Dan Dosen PGSD FIP – UMMU
  • Iwan Irawan Mahsiswa Dan Dosen PGSD FIP – UMMU

Keywords:

Pemahaman Isi Dongeng, menggambar ilustrasi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan proses pemahaman isi dongeng yang ditunjukkan dalam gambar ilustrasi siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Ternate. PTK ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklusnya melalui empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Antara siklus I dan Siklus II dilakukan evaluasi dan tinjauan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan guna memperoleh masukan bagi rencana tindakan berikutnya. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja, pengamatan perilaku selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Ternate sebanyak 21 siswa. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya. Hasil unjuk kerja dalam pemahaman isi dongeng ditunjukkan dalam gambar ilustrasi pada siklus I diketahui 12 dari 21 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (70) atau 57% dengan nilai tertinggi 77, nilai terendah 30, dan nilai rata-rata keseluruhannya 57,71. Dan pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan pencapaian diketahui 18 dari 21 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (70) atau 86% dengan nilai tertinggi 85, nilai terendah 45, dan nilai rata-rata keseluruhannya  67,75. Pemahaman isi dongeng ditunjukkan dalam gambar ilustrasi tidak hanya memberikan peningkatan dalam pemahaman siswa akan tetapi dapat meningkatkan keterampilan motorik siswa, melatih imajinasi siswa, siswa juga dapat melakukan tindakan yang inovasi dalam hal ini biasanya menggunakan kata-kata dalam menunjukkan pemahamannya menjadi gambar sebagai pewujudan dari pemahaman.          

Downloads

Published

2020-12-06