PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN 2 SUB TEMA 1 CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP SISWA KELAS III SD NEGERI 26 KOTA TERNATE
Mahsiswa Dan Dosen PGSD FIP – UMMU
Keywords:
Pengajaran dengan Media Gambar, Hasil belajar siswaAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran 2 Sub Tema 1 Cri-Ciri Mahluk Hidup Siswa Kelas III SD Negeri 26 Kota Ternate. Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), Refleksi (Reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 26 Kota Ternate Kelas III dengan Jumlah Siswa 18 orang Semester genap tahun Pelajaran 2019-2020.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Pembelajaran dengan penggunaan media gambar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran 2 sub tema 1 ciri-ciri mahluk hidup. yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata pretes hasil belajar siswa. (2) Nilai rata-rata pretes pada siklus pertama sebesar 32,78 dan nilai rata-rata posttes siswa meningkat sebesar 73,06 Sedangkan pada siklus kedua nilai rata-rata pretes sebesar 32,78 dan nilai rata-rata posttes siswa meningkat sebesar 77,22. (3) Penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata N gain siklus satu ke siklus kedua yaitu 58,24% menjadi 66,11%.