PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA 5 MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS SISWA KELAS IV SD NEGERI KAPONG 2 BATUMARMAR PAMEKASAN
Guru SD Negeri Kapong 2 Batumarmar Pamekasan
Keywords:
Kualitas Pembelajaran, Model STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tema 5 kelas IV SDN Kapong 2 Batumarmar Pamekasan dengan menggunakan pedekatan cooperative learning model STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa dan guru sedangkan instrumen penelitian yag dugunakan adalah observasi dan tes formatif serta penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahawa pendekatan kooperatif learning model STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema 5 kelas IV siswa SDN Kapong 2 Batumarmar Pamekasan, penigkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat dari menigkatnya motivaasi dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran serta meningkatnya nilai siswa hasil tes formatif pada siklus II dibaandingkan pada siklus I