ANALISIS KESULITAN BELAJAR HIWAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH NEGERI TERNATE

Dosen Fakultas Agama Islam-UMMU

Authors

  • Kamil Muhammad Djais Dosen Fakultas Agama Islam-UMMU

Keywords:

Analisis Kesulitan Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujun untuk menganilis kesulitan hiwaar pada pembelajaran Bahasa Arab yang dilasanakan di MAN Model Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah  deskriptis kualitatif,  yang mendeskripsikan, secara sistematis mengenai fakta- fakta, sifat-sifat serta faktor-faktor yang terjadi di lapangan . Bentuk kesulitan belajar hiwar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab di kelompokkan menjadi dua, yaitu pertama ketidakmampuan siswa untuk berbicara menggunakan bahasa Arab, kedua siswa tidak mampu melafadzkan huruf-huruf hijaiyyah dengan fasih dan benar.

Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar hiwar pada pembelajaran bahasa Arab secara umum terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar hiwar siswa pada pembelajaran bahasa Arab adalah guru mewajibkan siswa untuk menghafal kosa kata baru pada setiap pertemuan jam pelajaran, menambahkan jam mata pelajaran bagi siswa untuk belajar bercakap-cakap dengan bahasa Arab pada sore hari, guru mewajibkan siswa untuk berbahasa Arab ketika jam pelajaran, dan selanjutnya guru bersama-sama dengan siswa melakukan satu pertemuan khusus untuk melakukan evaluasi dalam bentuk setiap siswa boleh bercerita tentang apa saja dengan temanya yang penting menggunakan bahasa Arab.

Downloads

Published

2019-12-01