PEMETAAN JALAN DI DISTRIK SKANTO KABUPATEN KEEROM BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN

Program Magister Rekayasa Teknik Sipil, Universitas Yapis Papua

  • Stenly R. Ibo Mahasiswa Program Magister Rekayasa Teknik Sipil, Universitas Yapis Papua
  • Irianto . Dosen Magister Rekayasa Teknik Sipil, Program Pascasarjana, Universitas Yapis Papua
Keywords: Jalan; Penilaian kondisi kerusakan; Aplikasi ArcGis

Abstract

Jalan adalah salah satu prasarana transportasi darat yang digunakan untuk mendukung lalu lintas kendaraan termasuk bangunan pelengkapnya yang digunakan oleh lalu lintas untuk mendukung pembangunan.. Penyebab kerusakan jalan antara lain disebabkan karena beban lalu lintas berulang yang berlebihan (overloading), panas/suhu udara, air dan hujan, serta mutu awal produk jalan yang jelek. Bentuk pemeliharaan jalan tergantung dari hasil penilaian kondisi kerusakan permukaan jalan yang telah ditetapkan secara visual, adapun beberapa metode yang sering dipakai adalah metode Bina Marga (1990) (Hardiyatmo, 2007). ArcGis adalah sotware berbasis geographic information system (GIS) telah dikembangkan (Environment Science & Research Institue). Produk arcgis memiliki tiga bagaian yaitu, ArcEditor, ArcInfo, dan ArcView fitur menyediakan fungsi dalam GIS keperluan dari geoprocessing.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Jurnal Manumata Vol 3, NO 2 (2017). (2017). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penanganan Jalan (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Sp, 3, 63-70.
2. Agnes Pramitasari, B. Y. (2017). vol 1, no 1 (2017). analisi kondisi kerusakan jalan pada perkerasan lentur (ruas jalan mangu- nogosari kabupaten boyolali, 1, 111-114.
3. Cucup Muhammad Yusuf, T. N. (2019). Jurnal Ilmiah Santika Volume 9 No. 2 Desember 2019. analisis biaya pemeliharaan terhadap tingkat kerusakan jalan menggunakan metode surface distress index ruas jalan cisaat-situgunung kabupaten sukabumi, 9, 943-951.
4. Faizul Chasanah, D. A. (2016). evaluasi tingkat kerusakan perkerasan lentur metode pavement condition index untuk menetukan prioritas penagan pada jalan solo- yogyakarta , 278-287.
5. Futwembun, R. G. (2017). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penanganan Jalan (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Sp. Jurnal Manumata Vol 3, NO 2 (2017), 3, 63-
70.
6. Gemo, A. S. (2019). 1Evaluasi Kerusakan Jalan dengan Metode Evaluasi kerusakan jalan dengan metode pavement. jurnal sondir, 2019,volume 2,2,1-8
7. Giyatno. (2016). Analisis kerusakan jalan dengan pci, 1-17
8. H, I. L. (2016). Evaluasi tingkat kerusakan jalan menggunkan metode pavement condition index untuk menentukan pemeliharaandan perbaikan
9. Hapni Melinda, M. S. (2020). Jom FTEKNIK Volume 7 Edisi 2 Juli s/d Desember 202. evaluasi kondisi kerusaka permukaan jalan dengan menggunakan metode pavement condition index jalan riau ujung pekanbaru, 7, 1-10.

10. Herbin F. Betaubun, J. P. (2019). Mustek anim ha Vol. 8 No. 2, Agustus 2019. Analisa kerusakan jalan menggunakan asphalt institute ms-17, 8, 121-131.
11. Idrus, M. F. (2011). the 14 FSTPT
International Symposium, pekanbaru, 11-12- november 2011. Evaluasi kerusakan permukaan jalan pada ruas jalan isimu- paguyaman.
12. Ir.Ibnu Sholeh, M. (2011). Jurnal Konstruksia Volume 3 Nomer 1 Desember 2011. analisis perkerasan jalan kabupatenmenggunakan metode bina marga, 3, 1-11.
13. Manuel Simeon Marpaung1), A. S. (2018). Evaluasi nilai kondisi perkerasan jala nasional dengan menggunakan aplikasi Road EvaluationAnd Monitoring System, 679-689.
14. Mubarak,H.(2016). Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI). Volume 16 Nomor 1, April 2016,94-109,16,
95-109.
15. Prakosa, R. A. (2018). Evaluasi kondisi perkerasan lentur dengan metode lendutan balik untuk perbaikan, 1-161.
16. Rahmanto, A. (2016). SIMETRIS Vol. 10,
No. 1, Juni 2016. Evaluasi Kerusakan Jalan Dan Penanganan Dengan Metode bina marga pada ruas jalan Banjarejo-Ngawen, 10, 17-24.
17. Risal Rifa’i, T. M. (2019). Evaluasi kerusakan jalan dan drainase pada ruas jalan raya sugio dengan metode bina marga , 119- 124.
18. Saudale, A. R. (2014). Analisa1faktor penyebab kerusakan jalan. Jurnal Teknik Sipi1 Vol. III, No. 1, April 2014, 3, 13-18.
19. Yuswardi Ramli, M. I. (2018). Volume1 Special Issue, Nomor 3, Januari, 2018.
20. Analisa aplikasi arcgis 10.3 untuk pembuatan daerah aliran sungai dan penggunaan lahan di das samajid kabupaten sampang, madura.
Published
2024-09-01
How to Cite
Ibo, S. R., & ., I. (2024). PEMETAAN JALAN DI DISTRIK SKANTO KABUPATEN KEEROM BERDASARKAN TINGKAT KERUSAKAN. DINTEK, 17(2), 108 - 115. Retrieved from https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/2248