STRATEGI DALAM MENGURANGI PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA TIDORE KEPULAUAN

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Nuku UNNU

Authors

  • Indra Altarans Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Nuku UNNU
  • Umiyati Abhar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Nuku UNNU
  • Suryana Abubakar Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Nuku UNNU
  • Fitri Sarilina Usman Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Nuku UNNU

Keywords:

Strategi dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas

Abstract

Ada tiga komponen terjadinya lalu lintas yaitu manusia sebagai pengguna, kendaraan dan jalan yang saling berinteraksi dalam pergerakan kendaraan. Masalah lalu lintas bukan hanya soal kemacetan dan kecelakaan, tetapi banyak hal juga yang terjadi di lalu lintas. Pelanggaran lalu lintas seperti itu dianggap sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat pengguna jalan, sehingga setiap kali dilakukan operasi tertib lalu lintas di jalan raya oleh pihak kepolisian yang berwenang melakukan penindakan, tidak sedikit orang yang terjaring dioperasi tertib lalu lintas karena melanggar peraturan berlalu lintas dan tidak jarang karena pelanggaran yang dilakukan tersebut menimbulkan kelalaian-kelalaian berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi preventif yang dilakukan untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas di Kota Tidore Kepulauan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh Kepolisian Tidore yaitu strategi Preventif untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas dengan serangkaian tindakan yang dilakukan secara terencana dan berkelanjutan untuk mengurangi atau menghilangkan faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran lalu lintas di Tidore.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-09-2024

How to Cite

STRATEGI DALAM MENGURANGI PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA TIDORE KEPULAUAN: Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Nuku UNNU. (2024). DINTEK, 17(2), 91-97. https://jurnal.ummu.ac.id/index.php/dintek/article/view/2178

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>