Analisis Perpindahan Penggunaan Merek Handphone Dikalangan Mahasiswa dengan Rantai Markov

Studi Kasus Pada Mahasiswa UMMU Ternate Tahun 2017

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52046/biosainstek.v3i2.715

Kata Kunci:

Pengguna Handphone, Perpindahan Merek, Rantai Markov

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang perpindahan konsumen dari satu merek handphone kemerek handphone lainnya, serta membuat prediksi peluang perpindahan konsumen merek handphone pada mahasiswa Muhammadiyah Maluku Utara dimasa yang akan datang. Data yang dilakukan adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran koesioner pada 49 orang mahasiswa Muhammadiyah Maluku Utara pada bulan Oktober 2017. Data yang diperoleh dianalisis dengan Rantai Markov. Berdasarkan hasil analisis Rantai Markov diperoleh, pengguna merek handphone Samsung memiliki presentase terbanyak dan bahkan untuk periode berikutnya yaitu sebesar 47%, pada urutan kedua adalah Oppo sebesar 24%, kemudian Nokia sebesar 14%, Asus sebesar 08%, Vivo sebesar 04%, dan Iphone 02%.

Biografi Penulis

  • Nurmina Hamim, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

    Almni Pakultas MIPA, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Diterbitkan

2021-06-21

Terbitan

Bagian

Article