Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Balanced Scorecard Pada PT. Gaya Bangun Prajatama Kota Ternate

Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Lili Imelda La Ode Sahidu Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Irsad Muhammad Dosen Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Sofyan Abas Dosen Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Keywords: Balance Scorecard, Pengukuran Kinerja

Abstract

Analisis pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard. Balanced Scorcard merupakan alat ukur dalam penilaian kinerja baik dari keuangan maupun non keuangan, yaitu: perpektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif pertumbuhan internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Penelitian ini dilakukan pada PT. Gaya Bangun Prajatama Ternate. Hasil penelitian menunjukan bahwa Secara keseluruhan, kinerja perusahaan dari 4 (empat) perspektif balanced scorecard dapat dikatakan sangat baik karena perusahan dapat mencapai melebihi standar yang telah ditetapkan. Terdapat 6 (enam) dari 8 (delapan) tolok ukur yang digunakan dengan perspektif Balanced Scorecard berhasil memenuhi target.

References

Asriyani, 2012. Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard Pada PT.Hadji Kalla Cabang Cokroaminoto Makassar. Skiripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar

Hanuma, Soraya. 2010. Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Astra Honda Motor) Tahun 2005-2006. Skiripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Hansen, Don R, dan Maryanne M. Mowen, 2012. Akuntansi Manajemen. Edisi 8,Salemba Empat, Jakarta

Jaya, Amnar. 2007.Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Pada RSUP DR.Wahidin Sudirohusodo. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Makassar.

Kaplan Robert S dan Norton David P, 2001. Balanced Scorecard: Menerapkan StrategiMenjadi Aksi. Erlangga, Jakarta

Mardiasmo. 2006. Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance. Jurnal Akuntansi Pemerintahan, 2: 1. (1-17)

Mulyadi. 2014. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personal Berbasis Balanced Scorecard. UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Mulyadi dan Setyawan, Johny. 2014. Sistem Perencanaan dan PengendalianPerusahaan. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta

Mumang, Nova. 2010. Analisis Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Ternate. Skripsi Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Moeheriono, 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi.Ghalia Indonesia, Bogor

Putri, Dhika Pratiwi. 2008. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balanced Scorecard Studi Kasus Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Solo. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusdiyanto, Ahmad Falah. 2010. Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PDAM Kabupaten Semarang. Skiripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Thomas, Sumarsan. 2010. Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kinerja. Indeks Permata Puri Media. Jakarta.

Wahyuni, Sri. 2011. Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Studi Kasus pada PT Semen Bosowa Maros. Skiripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar Wibowo, 2010, Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Rajawali Pers, Jakarta
Published
2022-02-10