PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI HIDROSFER DI KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA TIDORE

Dosen : STKIP Kie Raha Ternate

  • Darling Surya Alnursa STIKIP KIE RAHA
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tidore pada mata pelajaran Geografi dalam materi Hidrosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa Inggris disebut Classroom Action Research dengan menggunakan metode penelitian secara kuantitatif. penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI), sesuai dengan standar KKM nilai siswa meningkat dari pada siklus I rata-rata nilai siswa 63,33 dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 75. Dari standar KKM yang di gunakan adalah 70, ini menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan model Group Investigation pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer di kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tidore

Published
2019-01-01